fbpx
Connect with us

Peristiwa

Masih Membandel, Ratusan Wisatawan Tak Kenakan Masker Terjaring Razia

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungsari,(pidjar.com)–Sepanjang hari Minggu (06/09/2020) ribuan wisatawan memadati Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul. Patut disayangkan, meski selama ini sosialisasi dan penindakan dilakukan, masih pula ditemukan ratusan pengunjung yang tidak mengenakan masker.

Menindaklanjuti amanat dalam Peraturan Bupati Nomor 68 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul, jajaran petugas SAR wilayah I dan 2 dibantu Pokdarwis serta aparat penegak hukum lainnya, Minggu kemarin kembali menggelar razia masker di lokasi wisata. Dari razia ini, petugas mendata 550 orang baik dari Daerah Istimewa Yogyakarta maupun luar kota.

Koordinator SAR Linmas Rescue Istimewa Wilayah I, Sunu Handoko Bayu Sagara menjelaskan, di wilayahnya terdapat 90 wisatawan yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Sebelum melakukan razia, pihaknya sebetulnya sudah berkali-kali melakukan sosialisasi kepada pengunjung terkait dengan pentingnya menggunakan masker.

Berita Lainnya  Gelombang Pasang di Pantai Selatan, Kapal Nelayan dan 2 Wisatawan Sempat Hanyut

“Kami terus melakukan edukasi, mereka bahkan kami beri masker gratis,” jelas Sunu, Senin (07/09/2020).

Langkah razia kemudian diambil begitu Pergub disahkan. Ia kemudian melakukan penindakan dan pembinaan kepada pengunjung yang tidak menggunakan masker.

“Mereka kami suruh membuat surat pernyataan, jika dikemudian hari melanggarnya ya sesuai dari Perbup yang berlaku, konsekuensinya melakukan bersih-bersih fasilitas umum,” tutur Sunu.

Berbeda dengan wilayah I, Koordinator SAR Linmas Rescue Istimewa wilayah II, Marjono mengatakan, sepanjang Pantai Gesing hingga Pantai Indrayanti pihaknya berhasil menindak 460 pengunjung yang tidak menggunakan masker. Berbagai upaya juga dilakukan petugas SAR untuk membuat masyarakat sadar pentingnya protokol kesehatan.

“Kesadaran mereka sangat rendah, rerata ya menggunakan masker tapi pemakaian tidak benar, bawa masker tapi ditaruh di tas atau kendaraan,” papar Marjono.

Pihaknya juga melakukan edukasi berkaitan dengan kesadaran masyarakat ini. Biar bagaimanapun, lanjut Marjono, lokasi wisata khususnya pantai saat ini masih dalam masa uji coba.

“Kami berikan edukasi penggunaan masker yang benar, jangan sampai ada bawa masker tapi hanya untuk jaga-jaga bila tidak ada petugas,” imbuh dia.

Jajaran Tim SAR Wilayah II juga melakukan penindakan dengan meminta 460 pengunjung tanpa masker untuk membuat surat pernyataan. Adapun surat pernyataan juga berisi kesanggupan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Berita Lainnya  Lima Pelajar Tenggelam di Pantai Ngandong, Satu Tewas Terseret Arus

“Sesuai Perbup jika didapati kembali tidak menerapkan protokol kesehatan nantinya akan kami tindak dengan membersihkan fasilitas umum,” tutupnya.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler