fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Herbal Yang Mampu Meningkatkan Imunitas

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Masyarakat mengetahui bahwa salah satu cara untuk memperkuat sistem imun adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin, buah dan sayur, serta berolahraga secara rutin. Namun, ada pula bahan-bahan herbal yang juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas. Terlebih kita tinggal di Indonesia, negara dengan segudang tanaman herbal yang siap untuk dieksplor.

Ginseng

Tumbuhan akar ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Ada dua penyusun utama yang membuat ginseng menyehatkan, yaitu ginsenosides dan gintonin. Menurut penelitian dari The Korean Society of Ginseng tahun 2013, kandungan di dalam ginseng secara efektif memperkuat sistem imun tubuh. Cara kerjanya adalah dengan mempertahankan kemampuan homeostasis serta mengontrol aktivitas sel imun. Dengan begitu, tubuh lebih tahan terhadap serangan berbagai patogen.

Berita Lainnya  Lima Jenis Pepaya yang Sering Dikonsumsi Masyarakat Jogja

Jamur cordyceps

Cordyceps merupakan jamur parasit yang tumbuh di larva serangga. Mereka menumpang dan mengambil nutrisi serangga hingga tubuhnya membesar dan sang larva mati. Walaupun terdengar jahat, ternyata jamur cordyceps memiliki banyak manfaat untuk manusia. Mulai dari mencegah penuaan dini, membantu penanganan diabetes tipe 2, hingga menyehatkan jantung dan paru-paru. Tumbuhan herbal yang terkenal di Tiongkok ini tidak secara spesifik bisa meningkatkan sistem imun.

Probiotik

Probiotik merupakan asupan makanan yang mengandung bakteri baik. Bahan yang satu ini biasanya berkaitan erat dengan kesehatan pencernaan. Anda bisa menemukannya di dalam yoghurt, tempe, dan makanan fermentasi lainnya.

Propolis

Propolis terbukti bisa memperkuat sistem imun kita. Menurut studi yang dipublikasikan oleh Indian Journal of Pharmaceutical Sciences, propolis mampu berperan sebagai immunomodulator atau mengatur fungsi dan aktivitas sistem imun. Bahkan, menurut studi lain, propolis secara spesifik ampuh untuk mencegah penyakit pernapasan atas.

Jahe

Berita Lainnya  Resep Takoyaki Sederhana

Jahe, tumbuhan rimpang yang banyak tumbuh di Indonesia ini kaya akan manfaat. Sebab, jahe memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan yang sangat kuat. Salah satu khasiatnya adalah memperkuat sistem imun tubuh.

Lengkuas

Lengkuas mampu meningkatkan imun tubuh melalui aktifitas makrofag dan meningkatkan proliferasi sel limposit T. Salah satu senyawa yang terkandung dalam lengkuas dan mampu meningkatkan antibodi adalah glikosida kuersetin. Di samping itu, glikosida kuersetin pada lengkuas, juga memiliki efek antioksidan. Antioksidan dalam tubuh, berfungsi untuk mengikat senyawa radikal bebas agar tidak reaktif menempel pada sel tubuh, dan menimbulkan sakit.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler