fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Bahan Sebagai Pewarna Alami

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Untuk urusan dapur, pewarna alami bisa menjadi cara untuk membuat masakan lebih menarik dan juga mempertahankan gizi. Bahkan, pewarna alami juga bisa membuat masakan lebih enak, lho! Lalu, apa saja sih bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai pewarna alami makanan? Dilansir dari kania, berikut bahan-bahan alaminya.

Cokelat Muda dari Bawang Bombay

Bagian yang pasti dibuang setelah memotong bawang bombay adalah kulitnya. Namun, kamu tahu tidak kalau kulit bawang bombay bisa jadi pewarna alami yang pas untuk masakan? Bagi kamu yang mencari warna cokelat muda atau cerah tanpa rasa kuat dan lebih plain, langsung saja rendam bagian kulit bawang bombay. Sebagai pewarna alami, bagian kulitnya juga sangat kaya zat tanin yang biasa ada pada anggur.

Coklat Pekat Pakai Kopi

Seduhan kopi bisa memberi warna coklat yang cantik dan juga aromatik. Semakin lama merendam kopi, fungsinya sebagai pewarna alami juga akan semakin intens. Jika ada lebih, kamu juga bisa menggunakan kopi untuk urusan rumah tangga lainnya. Jadi, jangan langsung buang sisa ampas kopi yang serba multifungsi, ya!

Wortel untuk Warna Kuning Jingga

Dari warna aslinya saja sudah bisa ditebak, sayuran wortel bisa jadi pewarna alami kuning jingga yang cantik. Rasanya juga manis dan cocok dikombinasikan dengan berbagai masakan tanpa mengubah cita rasa yang ingin dicapai. Pewarna alami wortel cocok untuk bahan mie mentah yang lebih sehat dan enak.

Buah Bit Merah Menawan

Jika butuh pewarna alami dengan dasar warna merah, buah bit cocok jadi pilihannya. Untuk mendapatkan warna ini juga mudah, cukup diparut dan diperas agar keluar sarinya. Jika ingin pewarna alami yang lebih merah, gunakan jus buah bit agar semakin kontras hasil akhirnya.

Bayam atau Kale untuk Hijau Muda

Tak jarang, memotong sayur bayam atau kale bisa meninggalkan warna hijau di talenan. Sayuran dengan daun warna hijau tua memang selalu efektif jadi pewarna alami hijau. Kamu bisa menggunakan blender atau food processor untuk mengambil sari sayuran, tanpa perlu menambah air. Kemudian, saring dan gunakan hasilnya sebagai pewarna alami di dapur.

Daun Suji untuk Hijau Cerah

Ingin bikin klepon? Siapkan dulu tanaman daun suji yang sering jadi pilihan sebagai pewarna alami hijau. Hampir sama dengan daun pandan, kelebihan daun suji adalah hasil pewarna alami yang lebih pekat dan wangi. Dijamin, hasil masakan lebih menarik!

Kubis Merah Jadi Ungu

Kubis merah ternyata tidak hanya ekstra bernutrisi, tapi juga bisa jadi pewarna alami, mulai dari ungu hingga kebiruan. Cukup rebus kol atau kubis merah di panci dengan air selama 10 menit. Cairan yang didapatkan akan berwarna ungu yang diinginkan. Psst.. tambahkan sedikit baking soda agar pewarna alami ini jadi lebih lembut menuju warna biru.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler