fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Buah Peach bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Persik atau peach adalah anggota keluarga buah batu, bersama dengan nektarin, plum, aprikot, dan ceri. Selain lezat, terutama pada puncaknya, buah persik menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang unik. Berikut adalah delapan alasan untuk mendapatkan Anda dari buah fuzzy yang cantik ini selagi berlimpah. Ini manfaat buah peach atau persik yang bisa Anda rasakan untuk tubuh dilansir dari intisari.

Baik Untuk Pencernaan

Satu buah persik sedang menyediakan hampir 10% dari target serat minimum harian. Selain mencegah sembelit dan mendukung kesehatan pencernaan yang baik, serat persik membantu mengelola kadar gula darah. Persik juga mengandung prebiotik, yang memberi makan bakteri menguntungkan dalam usus yang terikat dengan anti-peradangan, kekebalan, dan suasana hati.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Persik mendukung kekebalan dengan tiga cara. Satu persik sedang memasok lebih dari 15% dari tujuan harian untuk vitamin C. Beberapa jenis sel kekebalan membutuhkan nutrisi ini untuk produksi, fungsi, dan perlindungannya. Vitamin A dalam buah persik (satu buah sedang menyediakan 10% dari kebutuhan harian Anda) membantu membentuk selaput lendir di saluran pernapasan Anda. Selaput yang lebih kuat membentuk penghalang pelindung yang lebih baik untuk mencegah kuman keluar dari aliran darah Anda. Persik juga mempertahankan kekebalan melalui sifat antimikroba alami mereka.

Meremajakan Kulit

Selain antioksidan anti-inflamasi, buah persik memiliki beta karoten dan vitamin C untuk mendukung kulit yang sehat. Beta karoten, pendahulu vitamin A, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menghangatkan warna kulit, dan membantu menciptakan cahaya alami. Vitamin C diperlukan untuk membangun kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, dan menangkis kendur. Persik juga melembabkan, karena lebih dari 85% buah persik segar adalah air.

Melindungi Kesehatan Mata

Seperti dilansir dari laman health, lutein dan zeaxanthin dalam buah persik membantu melindungi retina dan lensa, dan telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak, dua kelainan mata yang umum. Vitamin A dalam buah persik juga membantu mendukung penglihatan sehat. Meskipun jarang, kekurangan vitamin A yang sebenarnya dapat menyebabkan kondisi yang disebut xerophthalmia, yang dapat merusak penglihatan normal dan mengakibatkan kebutaan malam,  ketidakmampuan untuk melihat dalam cahaya gelap atau rendah.

Turunkan Risiko Kanker

Antioksidan polifenol dalam buah persik telah terbukti menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker payudara. Satu penelitian yang mengikuti wanita selama 24 tahun menemukan bahwa dua buah khususnya menonjol sebagai pelindung. Asupan beri yang lebih tinggi dan buah persik dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena kanker payudara reseptif estrogen di antara wanita pasca-menopause.

Bantu Turunkan Berat Badan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa bioaktif dalam buah persik memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-obesitas. Kemampuan mereka untuk membantu mengatur kadar gula darah dan insulin, dan kadar serat dan air yang mengisi juga menjadikannya pilihan cerdas untuk manajemen berat badan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler