fbpx
Connect with us

Info Ringan

Mengenali Sepuluh Jenis Pasta

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Bukan cuma makaroni yang masuk dalam salah satu macam-macam pasta asli Italia, ternyata ada banyak jenis pasta yang jarang diketahui orang, lho. Ada informasi mengenai beberapa jenis pasta yang harus kamu ketahui. Jadi, jangan sebut dirimu pencinta pasta kalau belum tahu apa saja jenis dan bentuknya. Hayo, penasaran? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini.

Ravioli

Ada banyak jenis pasta yang berasal dari negeri Menara Pisa, lho. Salah satu di antaranya adalah ravioli. Berbeda dari pasta yang kita kenal pada umumnya, ravioli ini adalah jenis pasta berbentuk seperti kue pastel. Ada pula yang berbentuk persegi dengan gerigi di bagian pinggirnya. Sekilas, bentuk ravioli ini mengingatkan kita pada pangsit, bukan? Di bagian tengah, pasta jenis ini umumnya diberi isian atau filling seperti ayam, jamur atau keju ricotta. Ravioli terbuat dari campuran beberapa bahan seperti tepung terigu, telur, garam, minyak zaitun dan air.

Fettuccini

Selain ravioli, ada pula fettuccine atau fettuccini. Fettuccine sendiri merupakan salah satu jenis pasta yang sama-sama terbuat dari campuran tepung terigu dan telur. Fettuccine umumnya memiliki bentuk panjang dan pipih. Pasta yang satu ini biasa disajikan dengan saus alfredo ataupun carbonara. Pasta jenis ini sudah bisa ditemukan dengan mudah di supermarket atau toko lainnya.

Berita Lainnya  Empat Film Bertema Pramuka yang Menarik

Spaghetti

Selain fettuccine, Spaghetti adalah satu dari sekian banyak jenis pasta yang populer. Termasuk di Tanah Air. Spaghetti sendiri merupakan pasta yang memiliki bentuk menyerupai mie, namun spaghetti yang juga sering disebut sebagai mie Italia ini lebih tebal daripada mie biasanya. Spaghetti menggunakan gandum dan air sebagai bahan utama pembuatannya. Variannya terdiri dari spaghetti kering dan spaghetti basah. Spaghetti kering biasanya dibuat dengan penggulung atau rolling pin, hingga mesin pembuat mie atau pasta sederhana. Sementara spaghetti kering biasanya dibuat di pabrik-pabrik dengan menggunakan mesin yang lebih canggih.

Fusilli


Fusilli juga merupakan salah satu jenis pasta yang populer di kalangan masyarakat. Pasta jenis ini memiliki bentuk spiral. Fusilli umumnya terbuat dari tepung terigu atau dan kerap kali dicampur dengan beberapa bahan lainnya, salah satunya bayam. Fusilli juga dimasak dengan cara direbus dan biasa disajikan dengan saus carbonara atau bolognaise dan beberapa saus pasta lainnya.

Lasagna

Lasagna  masuk kedalam macam-macam pasta yang ada di dunia. Pasta ini merupakan lembaran-lembaran adonan berbentuk persegi yang ditumpuk dan disajikan dengan saus serta beberapa bahan seperti sayuran, daging hingga keju. Bagian atas dari pasta ini terkadang juga diberi keju parut. Sementara lasagna tradisional yang kabarnya berasal dari Naples, Italia, disajikan dengan sosis, telur rebus, bakso ukuran kecil serta keju ricotta dan mozarella. Hmmmm… lezatnya!

Berita Lainnya  Lima Bahan Alami Pereda Batuk Berdahak

Conchiglie

Conchiglie adalah pasta yang mempunyai bentuk menyerupai cangkang kerang. Pasta ini terbuat dari gandum durum sebagai bahan utama. Selain gandum, conchiglie juga diberi tambahan bahan lainnya seperti tomat atau bayam sebagai pewarna makanan alami.

Tortellini

Tortellini adalah pasta berbentuk cincin atau pusar yang berasal dari wilayah Emilia-Romagna, Italia. Di tempat asalnya sendiri, ada cerita legenda bahwa pasta ini dibuat oleh seorang pemilik penginapan yang terinspirasi dari pusar milik dewi Venus yang terkenal cantik. Namun sejarah mencatat, resep pasta ini pertama kali ditemukan pada abad ke-16. Tortellini memiliki varian pasta dengan ukuran yang lebih besar. Varian lain dari tortellini tersebut dikenal dengan nama tortelloni yang biasanya diisi dengan keju ricotta atau bayam. Tortellini dan tortelloni juga biasa disajikan dengan aneka saus pasta atau kaldu.

Linguini

Linguini adalah satu dari sekian banyak macam-macam pasta yang berasal dari Genoa dan wilayah Liguria, Italia. Pasta ini memiliki ukuran yang panjang dan persis seperti fettuccine, namun tidak lebih lebar dari pasta tersebut. Linguini memiliki varian lain dengan ukuran lebih besar yang dinamakan linguettine. Pasta satu ini biasa disajikan dengan saus pesto atau seafood seperti kerang dan udang.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler