fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Cara Menghalau Semut Merah dengan Bahan Dapur

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Sama seperti jenis semut lainnya, semut merah suka makanan manis. Semakin banyak sumber makanan manis di rumah, semakin banyak pula populasi semut merah yang mengintai. Sebenarnya, kamu bisa langsung mengusir semut merah memakai insektisida maupun pestisida. Namun, cara ini tidak terlalu dianjurkan karena dapat memberikan efek buruk pada pernapasan kamu, apalagi jika anak kecil di rumah. Sebagai alternatifnya, kamu bisa, kok mengusir semut merah dengan memakai bahan-bahan alami yang ada di dapurmu. Berikut ini, Kania punya beberapa tips ampuh mengusir semut merah sampai mereka enggan untuk balik lagi. Yuk, simak bersama!

Taruh Kayu Manis Dekat Makanan

Rasanya agak sulit, ya kalau tidak menyediakan stok makanan manis di rumah hanya demi mencegah datangnya semut merah. Sebagai solusinya, kamu bisa tetap menyediakan makanan, tapi sembari menaruh kayu manis di dekat makanan tersebut. Bau khas kayu manis inilah yang nggak disukai semut merah sehingga mereka akan memilih menjauhi wadah makanan di rumahmu.

Letakkan Bawang Putih di Pojok Ruangan

Nggak susah dong mendapatkan bawang putih dari dapur? Bawang putih selama ini dikenal sebagai salah satu bahan obat herbal yang terpercaya. Namun, siapa sangka kalau bawang putih ternyata juga bisa menjadi cara efektif mengusir semut merah? Kamu hanya perlu mengupas dan mengiris bawang putih secukupnya. Lalu, letakkan irisan bawang putih tersebut di sudut-sudut ruangan. Dijamin, semut merah yang lagi berdiam di sarangnya bakal keluar dan menjauh dari rumahmu karena nggak tahan dengan aroma bawang putih.

Taburi Barisan Semut dengan Bubuk Lada dan Cabai

Siapa sih yang nggak takut melihat barisan semut merah yang siap menggigit siapa saja di rumahmu? Meski demikian, jangan panik berlebihan dulu. Segera ambil bubuk lada atau cabai di dapurmu. Kamu hanya perlu menaburi barisan semut tersebut memakai bubuk lada dan cabai. Dijamin barisan semut merah itu akan berpencar, kabur, dan malas untuk kembali ke area tersebut.

Semprotkan Larutan Lemon ke Semut Merah

Selain memakai bubuk cabai atau lada, kamu juga bisa mengusir barisan semut merah dengan memanfaatkan larutan lemon. Nggak sulit kok membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan perasan lemon dan air dengan perbandingan 1:3. Semprotkan larutan tersebut ke barisan semut merah dan dijamin mereka akan melarikan diri. Ini karena lemon mengandung asam sitrat yang dibenci oleh semut.

Beri Cuka 

Cuka adalah bahan paling ampuh untuk membunuh sekaligus mengusir semut merah sampai mereka trauma dan nggak mau kembali lagi. Kamu bisa memanfaatkan cuka ini dengan menyiramnya ke barisan semut ataupun tempat yang diduga menjadi sarang semut merah. Semut-semut merah tersebut akan mati dan jika ada yang selamat, mereka pun akan melarikan diri dan tidak ingin datang lagi.

Siram Sarang dengan Air Panas

Mengusir semut merah sebenarnya sesimpel menyiram mereka dengan air panas. Namun, kamu harus menggunakan air mendidih untuk menjalankan pembasmian semut merah dengan air panas tersebut. Pertama-tama, masaklah air panas di atas kompor hingga mendidih. Kemudian, siramkan air panas tersebut ke barisan semut merah atau sarangnya. Tingkat keberhasilan air panas dalam mengusir semut merah bisa di atas 50 persen dan akan lebih tinggi jika kamu berhasil membunuh semut ratunya.

Segel Lubang di Dinding

Cara lain membasmi dan mengusir semut merah adalah menutup lubang tempat mereka bersarang. Biasanya, mereka akan membuat sarang di lubang-lubang yang ada di dinding rumah. Karena alasan inilah, sebaiknya kamu menyegel area lubang tersebut dengan memplester ulang dinding.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler