fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Menanam Bawang Merah di Rumah

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia akan bawang merah menjadikannya mahal pada periode-periode tertentu. Daripada bergantung pada penjual, mengapa tidak cari tahu cara menanam bawang merah dan mencobanya? Menanam bawang merah itu tergolong mudah. Panennya pun bisa dilakukan dalam waktu 2 bulan. Seru, ya? Yuk, langsung simak cara menanam bawang merah yang tepat dilansir dari Kania.

Siapkan Bawang Merah

Coba tengok dapur, apakah ada bawang merah yang tersisa? Jika usianya berkisar 2-3 bulan, maka bisa dijadikan bibit dalam cara menanam bawang merah ini. Belah bawang merah tersebut jadi dua bagian. Buang bagian atasnya dan gunakan hanya bagian bawahnya. Dengan dipotong, maka bawang merah akan lebih cepat tumbuh.

Sediakan Polybag dan Media Tanam

Sediakan polybag berukuran 25 cm untuk dua potongan bawang merah. Jika tidak ada polybag, kamu bisa menggantinya dengan wadah plastik atau botol bekas dengan ukuran serupa. Media tanam yang dibutuhkan pada cara menanam bawang merah ini adalah tanah, sekam, pupuk kandang, dan arang kayu. Perbandingannya sekitar 2:1:1:1. Kalau sudah, siram polybag dan media tanam hingga merata basahnya. Masukkan bawang merah di bagian tengah media tanam.

Penyiraman

Cara menanam bawang merah dilanjutkan dengan penyiraman, tapi perhatikan usia tanaman ini. Diamkan bibit bawang merah hingga berusia 8 hari, di mana kecambah sudah muncul. Pada saat itu, siramlah dengan air kira-kira 240 ml. Pada hari-hari berikutnya, beri sedikit air secara rutin. Hindari memberi air berlebihan karena hanya akan membuat akarnya membusuk dan menggagalkan cara menanam bawang merah ini. Tanaman ini juga membutuhkan banyak sinar matahari supaya pertumbuhannya sempurna. Letakkan polybag bawang merah di tempat yang benar-benar terbuka dan mendapatkan sinar matahari, seperti di taman atau halaman rumah.

Beri Pupuk

Pada usia 15 hari, kamu boleh memberikan pupuk. Langkah perawatan dalam cara menanam bawang merah ini penting supaya tanamannya sehat dan cepat tumbuh. Pupuk yang dapat digunakan adalah jenis NPK dan kompos. Satu sendok makan pupuk NPK dicampurkan dengan 3 liter air. Lalu, cukup ambil sebanyak 120 ml dari campuran tersebut untuk satu polybag bawang merah. Jika lebih suka menggunakan pupuk kompos, cukup taburkan segenggam dan siram dengan sedikit air. Lakukan cara menanam bawang merah yang satu ini ketika bawang merah sudah berumur 30 dan 45 hari.

Pindah Wadah

Seiring bertambahnya usia bawang merah, ukuran kecambah dan akar juga akan semakin besar. Maka dari itu, cara menanam bawang merah berikutnya adalah memindahkan bawang merah ke wadah yang lebih besar sehingga akarnya dapat menjalar dengan leluasa dan tumbuh sehat. Perhatikan juga media tanamnya. Ganti dengan media tanam baru bila diperlukan, serta singkirkan tanaman-tanaman liar yang hadir mengganggu pertumbuhan bawang merah.

Saatnya Panen

Setelah 2 bulan lamanya, bawang merah pun siap dipanen. Langkah terakhir dalam cara menanam bawang merah ini dilakukan dengan cara mencabutnya. Mulai dari bagian daun, bawang, dan akarnya. Setelah itu, barulah singkirkan akar dan daunnya.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler