fbpx
Connect with us

Politik

530 Caleg Ditetapkan Sebagai DCT, KPU Gunungkidul Finalisasi Desain Surat Suara

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul resmi menetapkan sebanyak 530 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) untuk pemilu serentak tahun 2024.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti, mengatakan dari pencermatan dan penyusunan DCT yang dilakukan sudah diputuskan sebanyak 530 bakal calon dari 18 partai politik yang memenuhi syarat masuk dalam DCT. Adapun jumlah calon yang diajukan oleh partai politik hingga masa perbaikan selesai berjumlah 532 orang, namun setelah dilakukan verifikasi jumlah calon yang memenuhi syarat sebanyak 530 orang.

“Jumlahnya berkurang dua orang karena tidak memenuhi syarat,” ucap asih Nuryanti, Sabtu (04/11/2023).

Setelah ditetapkan maka pihaknya akan menyampaikan pengumuman nama-nama calon anggota DPRD melalui berbagai media termasuk melalui web KPU Gunungkidul dengan memuat nomor, nama dan tanda gambar partai politik, nomor urut calon, nama calon, jenis kelamin dan tempat tinggal calon.

“Penetapan hari ini sudah diumumkan, dipersilahlan kepada masyarakat dan pemilih untuk melihat dan mencermati paea calon untuk nantinya menemukan pilihan,” ungkapnya.

Berita Lainnya  Gugatan Dikabulkan, 2 Bacaleg Hanura Yang Sebelumnya Dicoret Akhirnya Bisa Kembali Ikut Pemilu

Selanjutnya, pihaknya akan fokus pada finalisasi desain surat suara bersama KPU RI sebelum jalannya masa kampanye. Sesuai jadwal, direncanakan masa kampanye dimulai pada tanggal 28 November mendatang.

“Kalau desainnya sudah fix nanti langsung naik cetak,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Gunungkidul, Andang Nugroho, mengatakan pasca penetapan DCT belum ada permohonan sengketa mengenai pencoretan dua orang bacaleg. Selain pengawasan DCT, dikatakannya saat ini pihaknya tengah melakukan pengawasan logistik di KPU Gunungkidul.

“Kalau untuk keterwakilan perempuan, status caleg, itu kami sedang pendataan yang selanjutnya menunggu arahan pimpinan,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler