fbpx
Connect with us

Pariwisata

Akhir Pekan Pertama Pembukaan Pariwisata, Belasan Ribu Wisatawan Datang, Ribuan Lainnya Diminta Putar Balik

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pekan pertama wisata di Gunungkidul dibuka, langsung diserbu oleh wisatawan. Tercatat belasan ribu wisatawan datang berkunjung dalam 2 hari terakhir ini. Lokasi pantai selatan masih menjadi primadona para pelancong yang masuk ke Gunungkidul. Kendati begitu, tak sedikit pula bus ataupun kendaraan pribadi diminta untuk putar balik lantaran bernomor polisi tak sesuai dengan aturan ganjil genap. Sebagaimana diketahui, setiap akhir pekan, Satlantas Polres Gunungkidul memang menerapkan skema ganjil genap di kawasan wisata.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono menerangkan, antusiasme para wisatawan untuk berkunjung di Gunungkidul memang sangat tinggi. Terbukti pada akhir pekan ini, jumlah wisatawan yang masuk ke Gunungkidul sangat tinggi. Total ada hampir 18.000 wisatawan yang masuk ke Gunungkidul

Ia beberkan lebih lanjut, pada Sabtu (23/10/2021) kemarin tercatat ada 5.608 wisatawan masuk ke Gunungkidul. Peningkatan pesat kemudian terjadi pada Minggu (24/10/2021) di mana ada 12.326 wisatawan yang berkunjung.

“Puncak kedatangan wisatawan pada hari Minggu kemarin,” beber Harry, Senin (25/10/2021).

Menurut dia, dari belasan ribu wisatawan ini, sebagian besar masuk ke kawasan pantai selatan. Ia memperkirakan, pada beberapa waktu ke depan, kunjungan akan semakin meningkat. Hal ini lantaran memang obyek wisata Gunungkidul sendiri memang baru tahap awal pembukaan.

“Ada sejumlah wisatawan yang kami tolak untuk masuk. Selain karena ganjil genap, ada beberapa yang karena belum divaksin,” tandas dia.

Sementara itu, petugas jaga TPR JJLS, Wijang Antok menambahkan, meski sudah mulai ramai, akan tetapi jumlah wisatawan yang masuk ke kawasan Gunungkidul memang masih belum maksimal. Di posnya, akhir pekan yang biasanya dihiasi antrian panjang namun pada akhir pekan kemarin situasi masih cukup kondusif.

“Masih sekitar 30 % sampai 50% dibandingkan dengan akhir pekan sebelum penerapan PPKM,” papar Antok.

Walau demikian, ia memperkirakan dengan banyaknya pemberitahuan perihal telah dibukanya obyek wisata di Gunungkidul ini, tingkat kunjungan wisatawan diperkirakan akan berangsur-angsur naik. Terbukti pada hari Minggu kemarin, wisatawan yang datang mulai banyak.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griavinto Sakti menerangkan, dalam penerapan skema ganjil genap untuk kendaraan wisatawan ini, ada ribuan wisatawan yang diminta untuk putar balik. Seperti pada Sabtu lalu, pihaknya meminta 20 bus untuk putar balik. Kemudian untuk kendaraan roda empat, ada 7 kendaraan yang diminta putar balik.

“Jika ditotal dalam hari Sabtu lalu, ada 51 bus dan 23 roda empat yang kita halau karena tidak sesuai dengan skema ganjil genap yang kami terapkan,” beber Martinus.

Kemudian pada hari Minggu (24/10/2021), lonjakan kedatangan wisatawan begitu terasa. Dari 163 bus yang mencoba masuk ke kawasan pantai Gunungkidul, ada 73 bus yang diminta putar balik.

“Kemudian untuk 87 kendaraan roda empat, ada 23 kendaraan yang kami minta putar balik,” imbuh Martinus.

Ia mengatakan, masih banyak wisatawan yang belum memahami mengenai aturan ganjil genap ini. Padahal di sisi lain, sosialisasi terus ia gencarkan baik melalui media sosial maupun media massa.

“Arus lalu lintas dapat diurai dengan baik, karena titik-titik pengecekkan lumayan luas sehingga untuk putar balik tidak membuat macet,” terang dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler