fbpx
Connect with us

Peristiwa

Akibat Layang-Layang Tersangkut, Jaringan Sutet Meledak

Published

on

Karangmojo,(pidjar.com)–Belakangan ini banyak sekali aktifitas baik anak-anak maupun orang dewasa yang berkaitan dengan layang-layang. Ada yang hanya untuk mainan biasa bahkan ada yang sampai menggelar festival besar-besaran. Tentunya dengan berbagai kegiatan ini menjadi hiburan tersendiri, bahkan ada sisi positifnya yakni mengenalkan anak-anak pada permainan tradisional.

Namun demikian, dibalik serunya permainan ini ada bahaya yang mengintai. Beberapa waktu lalu bahkan sempat ada insiden orang yang lehernya tersayat senar (benang) layang-layang. Kemudian ada juga yang mengalami kecelakaan akibat layang-layang pula.

Satu kejadian lainnya yang baru saja terjadi pada Senin (14/09/2020) yakni layang-layang yang mengenai jaringan sutet. Bahkan mengakibatkan adanya ledakan. Kejadian itu terjadi di Padukuhan Grogol 4, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo.

Berita Lainnya  Cucu Mainan Korek, Api Berkobar di Rumah Mbah Saliyem

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.45 WIB. Ada orang di sekitar tower saluran udara tegangan ekstra tinggi (Sutet) sedang bermain layang-layang. Entah apa yang terjadi layang-layang tersebut tersangkut pada tower yang ada di dekatnya.

Sontak dengan cepat jaringan tersebut bereaksi, ledakan keras pun terjadi. Warga yang ada di sekitar kemudian berhamburan keluar untuk mencari sumber suara itu.

“Ledakan yang terdengar sekitar 3 kali. Jam itu banyak warga yang sedang beraktifitas kemudian kaget dengan suara yang timbul,” ujar salah satu warga setempat.

Warga setempat merasa takut dengan kejadian tersebut. Kemudian tokoh setempat meminta masyarakat untuk tidak lagi bermain layang-layang di sekitar sutet lantaran cukup membahayakan. Bahkan untuk mengantisipasi kejadian serupa pihak PLN juga memasang banner di sekitar lokasi yang bertuliskan larangan bermain layang-layang.

Berita Lainnya  Tergulung Ombak Besar Hingga Terbentur Batu Karang, Santri Dilarikan ke Rumah Sakit

“Kemarin suaranya cukup keras. Sudah diberi tahu dan diingatkan untuk semua saja agar tidak bermain layang-layang di lokasi itu,” ujar Suwargito warga lainnya.

Dari pihak PLN kemudian melakukan pengecekan dan perbaikan pada jaringan tersebut. Beruntung kejadian itu tidak menyebabkan arus listrik di wilayah setempat maupun lainnya mati. Adanya kejadian ini kemudian harusnya mendorong warga lainnya untuk lebih berhati-hati saat bermain layang-layang.(ANDI)

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler