fbpx
Connect with us

Sosial

Ampuh Cegah Stunting, Varietas Padi IR Nutri Zinc Tak Kunjung Sampai ke Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Padi dengan Varietas Inbrida Inpari IR Nutri Zinc hingga saat ini tak kunjung menyasar Gunungkidul. Sebenarnya, padi varietas ini bisa menjadi cukup penting lantaran kandungan nutrisi yang ada bisa mencegah stunting sejak bayi dalam kandungan. Sebuah hal yang menjadi ironi lantaran angka stunting di Bumi Handayani sendiri saat ni masih cukup tinggi yakni 18,4% atau sekitar 6.200 kasus.

Kepala Bidang Pertanian dan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Raharjo Yuwono mengatakan, beras yang tinggi kandungan zinc adalah untuk mencegah bayi gagal tumbuh atau mengalami stunting. Adapun padi varietas inbrida inpari IR Nutri Zinc tersebut cocok ditanam di area persawahan. Namun demikian, pihaknya sendiri mengaku baru sekedar mendapat penawaran pengembangan varietas ini oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) pada awal Januari ini.

Berita Lainnya  Formasi CPNS Sudah Ditangan Bupati, Pemkab Tunggu Juknis dari Kementerian

“Varietas ini memang baru saja dikembangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan untuk uji coba penanaman di Kulon Progo, saat ini sudah masuk masa panen,” beber Raharjo kepada pidjar.com, Senin (06/01/2020) siang.

Raharjo memaparkan, sebetulnya di Kabupaten Gunungkidul juga memiliki sejumlah area persawahan yang cocok untuk penanaman padi khusus untuk mencegah stunting tersebut. Ia menyebut area persawahan seperti Karangmojo dan Ponjong cocok untuk penanaman Varietas Inbrida Inpari IR Nutri Zinc.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan sosialisasi kepada kelompok tani mengenai varietas ini mengingat angka stunting di Gunungkidul masih lumayan tinggi,” jelas dia.

Terpisah, peneliti BPTP DIY, Arlyna Budi memaparkan, pihaknya siap mendampingi apabila Pemkab Gunungkidul menghendaki penanaman padi Varietas Inbrida Inpari IR Zinc. Ia mengatakan, di Kulon Progo sendiri telah selesai masa panen dan cukup sukses.

Berita Lainnya  Antisipasi OTT KPK Masuk Gunungkidul, Ini Pesan Wakil Bupati dan Ketua DPRD

“Rasa berasnya pulen, harganya memang lebih mahal karena kandungan gizinya lebih tinggi dibandingkan beras Ciheran,” tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler