fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Anggaran Belasan Miliar, Ini Jalan-jalan Yang Akan Segera Dibangun Tahun Ini

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pembangunan infrastruktur khususnya jalan di Gunungkidul mulai berangsur pulih. Meski demikian, lantaran adanya pemotongan anggaran, untuk cakupan wilayahnya tidak terlalu banyak seperti pada tahun-tahun sebelumnya sebelum pandemi melanda. Di sejumlah ruas jalan, pada pertengahan sampai akhir tahun ini akan dilakukan perbaikan oleh pemerintah.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Setyo Koordjijanto mengatakan, tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) atau APBD Kabupaten Gunungkidul untuk rehab, normalisasi dan pelebaran jalan. Jalur rawan kecelakaan pun tak luput dari perhatian pemerintah untuk dilakukan penanganan pada tahun anggaran 2021 ini.

Program normalisasi geometrik atau pelebaran jalan dimaksudkan untuk memudahkan kendaraan melintas. Adapun jalan yang akan mendapatkan pembangunan adalah proyek pelebaran Jalan Ngawen-Bundelan serta Watugajah-Sampang yang pagu anggarannya sebesar 4,2 miliar rupiah. Kemudian juga normalisasi jalan Bintaos-Krakal dengan pagu anggaran 2,6 miliar.

Berita Lainnya  Pemerintah Siapkan Puskesmas Ponjong Sebagai Lokasi Karantina Warga yang Reaktif

“Untuk di Ngawen-Bundelan ini kita hanya pelebaran saja bukan pengeprasan tanjakannya,” Setyo, Jumat (25/06/2021).

Ia menjelaskan berkaitan dengan tidak dilakukannya pengeprasan pada tanjakan rawan kecelakaan tersebut karena perlu dilakukan telaah lebih dalam lagi.

“Solusi di Bundelan ini masih perlu penelaahan lebih lanjut karena kondisi geografisnya tidak cukup bisa diselesaikan dengan metode pengeprasan,” imbuh dia.

Kemudian untuk ruas jalan Watugajah-Sampang, pelebaran dilakukan di bagian bawah. Sebab untuk tanjakan Clongop merupakan ranah provinsi dan dalam waktu dekat ini akan segera dilakukan pembangunan.

DAU Kabupaten Gunungkidul juga diperuntukkan rehabilitasi jalan Giring-Paliyan dan jalan Wiyoko-Siraman. Anggaran yang digunakan untuk dua jalur tersebut adalah sebesar 7,5 miliar rupiah. Pada prosesnya nanti, proyek-proyek ini akan dilelangkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berita Lainnya  Mulai Cair, BSU Kemendikbud Sasar Tenaga Honorer di Sekolah

“Saat ini masih berproses pada perencanaan di tahun berjalan,” papar dia.

Sesuai dengan program pemerintah pusat dan daerah, pembangunan infrastruktur menjadi fokus utama pemerintah dan didukung dengan program program lain serta pemberdayaan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler