fbpx
Connect with us

Peristiwa

Angin Kencang Obrak-abrik Karangmojo, Dua Tiang Listrik dan 3 Rumah Warga Jadi Korban

Diterbitkan

pada tanggal

Karangmojo,(pidjar.com)–Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kecamatan Karangmojo pada Jumat (13/12/2019) siang tadi. Akibat hembusan angin yang cukup kencang tersebut, sejumlah pohon di lokasi berbeda tumbang. Sedikitnya dua tiang listrik patah dan tiga rumah warga turut menjadi korban lantaran tertimpa pohon-pohon tumbang ini.

Petugas Pusdalops BPBD Gunungkidul, Parjiyanto menceritakan, hujan lebat sendiri mengguyur wilayah Karangmojo sejak pukul 13.30 WIB siang tadi. Dalam hujan tersebut, kemudian disertai angin yang cukup kencang yang berdampak pada tumbangnya sejumlah pohon lantaran tak kuat menahan hembusan angin.

Salah satunya yang cukup berdampak adalah tumbangnya sebatang pohon jati berdiameter 100 centimeter di Padukuhan Ngepung, Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo. Pohon berukuran cukup besar itu tumbang dan menimpa dua tiang listrik.

“Akibatnya, listrik kemudian padam. Tadi petugas dari PLN sudah datang untuk melakukan evakuasi dan perbaikan,” ujar Parji, Jumat petang.

Tak jauh dari lokasi pertama, hanya berselang setengah jam, kejadian pohon tumbang juga terjadi di titik lain di Desa Karangmojo. Lagi-lagi sebatang pohon jati tumbang. Kali ini, batang pohon yang tumbang menimpa rumah Karmi, warga Padukuhan Sumberjo, Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo. Akibatnya, rumah warga tersebut mengalami kerusakan terutama di bagian atap.

Berita Lainnya  Pilkades Kelor Sempat Menghangat, Adu Mulut Timses Berujung Pemukulan

“Kerusakan yang terjadi di rumah Karmi adalah pada bagian usuk, reng dan genting,” ujarnya.

Tak jauh dari rumah Karmi, kejadian pohon tumbang menimpa rumah juga terjadi di rumah Sutilah. Pohon di dekat rumahnya juga tumbang dan menimpa atap rumahnya.

“Atap bagian depan rusak cukup parah, karena pohon yang tumbang berukuran cukup besar,” ungkap Parji.

Di padukuhan Bulu, Desa Karangmojo, sebuah pohon juga tumbang menimpa rumah Jiyat. Namun dalam kejadian ini, kerusakan yang terjadi tidak cukup parah lantaran rumah korban hanya tertimpa ranting pohon. Meski begitu, rumah Jiyat juga harus mengalami kerusakan pada bagian atap.

“Mendapatkan laporan ini, kami bersama aparat kepolisian, BPBD Gunungkidul melakukan evakuasi,” jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun jika dikalkulasi kerugian sendiri mencapai Rp. 20.000.000,-.

Berita Lainnya  Kecelakaan di Ponjong, Pelajar Pemotor Ninja Luka Parah di Kepala

Setelah kejadian ini, ia mengimbau kepada masyarakat agat segera memotong pohon yang berada di dekat rumah maupun fasilitas umum. Menurutnya hal tersebut merupakan satu upaya untuk meminimalisir akibat dari bencana pohon tumbang.

“Jangan sampai ada lagi kerugian materil, mari kita cegah bersama,” tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler