fbpx
Connect with us

Peristiwa

Angin Kencang Obrak-abrik Kawasan Bejiharjo, Begini Dampaknya

Diterbitkan

pada

Karangmojo, (pidjar.com)- Hujan beserta angin kencang yang melanda kawasan Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo pada Kamis (26/05/2022) kemarin memicu kerusakan. Sejumlah rumah, tempat usaha, fasilitas umum, hingga kandang rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Total kerugian pun diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Kasi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Agus Wibowo, menyampaikan, dari laporan yang ia terima pada Kamis (26/05/2022) sore sekitar pukul 16.00 WIB terjadi hujan deras yang turun disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di Kalurahan Bejiharjo. Sejumlah pohon yang tumbang tersebut merusak 5 rumah, 3 tempat usaha, 2 fasilitas umum, dan satu kandang di Padukuhan Bulu dan Padukuhan Gelaran I.

“Tim TRC dan relawan penanggulangan bencana sudah melakukan penanganan terkait bencana itu,” ucapnya.

Ia menambahkan, rumah yang terdampak pohon tumbang diantaranya milik Rendiyanto (40) warga Padukuhan Gelaran I, Sukiyem (55) warga Padukuhan Gelaran I, Wartono (50) warga Padukuhan Gelaran I, Sukirno (55) warga Padukuhan Bulu, dan Ngatno (56) warga Padukuhan Bulu.

“Ada juga dua fasilitas umum yang terdampak itu, ada mushola dan jaringan listrik,” imbuhnya.

Warga bersama relawan penanggulangan bencana sendiri langsung bekerja bakti membersihkan dan memperbaiki bagian-bagian rumah yang rusak. Adanya pohon tumbang juga sempat menghalangi akses jalan sehingga mengganggu lalu lintas kendaraan. Beruntungnya, tidak sampai ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berita Lainnya  Lubang Tanah Ambles Semakin Membesar, Ancam Rumah Anyar Milik Sukamto

“Semuanya dalam kondisi rusak ringan, sudah ditangani secara mandiri langsung oleh masyarakat dan relawan penanggulangan bencana,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler