fbpx
Connect with us

Peristiwa

Angin Kencang Terjang Patuk, Belasan Rumah Alami Kerusakan

Diterbitkan

pada tanggal

Patuk,(pidjar.com)–Hujan disertai angin kencang yang menerpa Kecamatan Patuk pada Senin (18/11/2019) kemarin membaca bencana. Belasan rumah serta gedung sekolah dan fasilitas umum di Desa Semoyo dan Desa Salam mengalami kerusakan akibat angin ribut yang terjadi tersebut. Beruntung dalam kejadian ini, tak sampai menimbulkan korban.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kejadian sendiri bermula ketika hujan cukup deras mengguyur Kecamatan Patuk. Berselang beberapa waktu kemudian, mulai muncul angin yang lantas semakin kencang menerpa. Warga sendiri mulai panik ketika melihat kuatnya hembusan angin yang sempat membuat sejumlah pohon berukuran cukup besar bertumbangan. Tak hanya itu, angin juga merusak atap-atap rumah milik warga.

Kerusakan paling parah sendiri terjadi di Padukuhan Waduk, Desa Salam, Kecamatan Patuk. Di kawasan ini, tercatat sedikitnya sebelas rumah yang mengalami kerusakan. Sebagian besar rumah milik warga itu rusak pada bagian atap. Adapun rumah yang mengalami kerusakan adalah rumah milik Widodo, Ngatmini, Sunardi, Tumiran, Jumiyanto, Mugiharjo, Teteng, Suko, Sadiyo dan Marsudi.

“Dalam kejadian ini, ada satu rumah yang mengalami rusak berat. Rumah milik Mardi Rejo warga Brambang, Desa Semoyo ini rusak karena tertimpa pohon jenis Sengon,” tutur Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki saat dikonfirmasi, Selasa (19/11/2019).

Selain merusak bangunan rumah warga, angin juga merusak gedung SDN Waduk. Kerusakan yang terjadi adalah pada bagian atap dan areal parkiran yang mengalami rusak parah.

Berita Lainnya  Putus Asa Sakit Tak Kunjung Sembuh, Kakek 82 Tahun Bunuh Diri di Kandang Kambing

“Ada pula tiang listrik di Padukuhan Brambang patah tapi sudah ditangani oleh petugas PLN,” imbuh dia.

Menurutnya sesaat setelah kejadian, Tim Reaksi Cepat BPBD langsung diterjunkan ke lokasi kejadian. Bersama dengan warga, tim yang datang dengan peralatan lengkap lantas mengevakuasi puing-puing bangunan di rumah warga yang rusak. Sementara sejumlah pohon tumbang yang menutup akses jalan maupun rumah warga juga segera dipindahkan.

Terpisah, Camat Patuk, Haryo Ambar membenarkan adanya bangunan sekolah yang menjadi korban angin ribut yang terjadi di Kecamatan Patuk pada Senin kemarin. Namun demikian, meskipun bangunan SD N Waduk mengalami kerusakan, hari ini Kegiatan Belajar Mengajar tetap dilaksanakan seperti biasa. Para siswa dan guru melaksanakan KBM di ruang kelas yang tidak rusak.

Berita Lainnya  Gempa Berkekuatan 5,1 SR Guncang Gunungkidul

“Tidak semua bangunan sekolah rusak, masih ada yang tidak rusak dan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar,” tutup Haryo Ambar.

Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler