fbpx
Connect with us

Peristiwa

Api Tungku Membesar Saat Ditinggal ke Pasar, Rumah Karyatin Luluh Lantak

Published

on

Ngawen,(pidjar.com)–Rumah milik Karyatin (70), warga Padukuhan Sukorejo, Kalurahan Sambirejo, Kapanewon Ngawen terbakar pada Rabu (13/10/2021). Diduga penyebab kebakaran tersebut karena tungku perapian yang lupa dimatikan oleh korban. Api yang membesar meluluhlantakan rumah beserta isinya. Akibat kejadian ini, lansia naas ini harus menangguk kerugian hingga mencapai jutaan rupiah.

Kapolsek Ngawen, AKP Parliska mengatakan, peristiwa kebakaran yang menimpa Karyatin tersebut diketahui sekitar pukul 07.00 WIB oleh seorang warga saat melintas di sekitar rumah Karyatin. Warga yang hendak mengantar anaknya sekolah itu melihat kobaran api yang cukup besar dari dari rumah Karyatin. Saksi kemudian berteriak minta tolong kepada warga lainnya.

Sejumlah warga sekitar lokasi kemudian berdatangan dengan membawa alat alat untuk memadamkan api yang terus merembet ke bangunan rumah tersebut. Warga sendiri kesulitan untuk melakukan pemadaman lantaran memang hanya menggunakan peralatan seadanya. Baru setelah sekitar 1 jam berjibaku, api kemudian baru bisa dipadamkan.

“Sekitar pukul 08.00 WIB api baru bisa dipadamkan,”papar AKP Parliska.

Adapun kondisi bangunan rumah sendiri sebagian hangus terbakar termasuk dengan perabot yang ada di dalamnya. Kerugian akibat kejadian ini diperkirakan hingga Rp 10.000.000. Menurut Parliska, berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kebakaran tersebut dipicu oleh api dari tungku perapian yang lupa dimatikan kemudian membesar dan merembet ke bangunan rumah.

“Diduga karena tungku api yang belum padam dan kemudian ditinggal pemilik pergi ke pasar. Tak hanya bangunan, namun juga isi rumah juga banyak yang terbakar. Rumah sendiri dalam kondisi sepi sehingga perabotan-perabotan yang ada tak sempat diselamatkan,” imbuhnya.

Atas kejadian ini, Parliska menghimbau kepada warga masyarakat untuk waspada. Jika sekiranya meninggalkan rumah, diharapkan dilakukan pengecekan terhadap benda-benda yang berpotensi sebagai sumber api. Hal ini lantaran, banyak sekali kejadian semacam ini yang dipicu oleh kecerobohan warga.

“Selalu cek seperti kompor maupun listrik saat akan ditinggal,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler