fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Aplikasi SIKAPE Untuk PNS, Kini Naik Pangkat Hingga Pensiun Tak Bakal Lagi Tercecer

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Seiring perkembangan zaman, inovasi teknologi guna mempermudah kehidupan manusia seakan tak ada habisnya. Inovasi dan pemanfaatan teknologi tak lepas dari rangkaian menuju revolusi industri 4.0 di Indonesia. Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, siang ini meresmikan penggunaan aplikasi SIKAPE (Sistem Informasi Kenaikan Pangkat, Alih Tugas dan Pensiun) yang diinisiasi oleh Badan Kepagawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Gunungkidul.

Seperti namanya, Aplikasi SIKAPE diciptakan untuk memberikan manfaat bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Gunungkidul dalam melakukan pengecekan terkait dengan hak kenaikan pangkat, alih tugas, maupun pensiun.

Penciptaan SIKAPE sendiri tak lepas dari semakin berkembangnya teknologi di zaman sekarang dan Pemerintah Daerah harus bisa menyesuaikannya guna.

“Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas peluncuran Aplikasi SIKAPE. SIKAPE menjadi satu inovasi yang bagus untuk mewujudkan pelayanan yang efektif, efisien, cepat dan murah,” ucap Sunaryanta, Jumat siang.

Bupati menegaskan bahwa kehadiran aplikasi SIKAPE merupakan upaya untuk menciptakan birokrasi yang baik di lingkungan Pemkab Gunungkidul. Ia melanjutkan, birokrasi yang baik merupakan kunci sebuah pemerintahan untuk melaksanakan pembangunan serta pembuatan regulasi yang berpihak kepada masyarakat.

“Apalagi di masa pandemi seperti ini. Aplikasi SIKAPE dapat berperan mengurangi kontak fisik. Dengan adanya aplikasi ini, para ASN semakin dipermudah dalam hal layanan kenaikan pangkat, layanan pensiun, dan layanan mutasi alih tugas,” sambung dia.

Sunaryanta berharap, aplikasi SIKAPE ini bisa segera disosialisasikan kepada masyarakat serta ASN sehingga para ASN mampu memanfaatkan aplikasi dengan tepat. Pelayanan menggunakan aplikasi SIKAPE juga diharapkan dapat meingkatkan kinerja ASN sehingga berdampak pada kemakmuran masyarakat.

“Dengan kemudahan yang dihadirkan Aplikasi SIKAPE semoga memudahkan dan melancarkan usaha kita membangun Gunungkidul untuk rakyat,” urai Bupati.

Aplikasi SIKAPE sendiri telah terintegrasi dengan sistem yang dimiliki Badan Kepagawaian Negara (BKN). Ketika terdapat usulan kenaikan pangkat, alih tugas, maupun pensiun, nantinya langsung akan diproses verifikasi sesuai format yang ditentukan oleh BKN.

“Sebelum adanya SIKAPE, jika ada usulan dikerjakan secara manual. Ketika dikerjakan secara manual, pengelola kepegawaian kerap mengalami kendala seperti formatnya tidak sesuai yang dipersyaratkan oleh BKN,” imbuh Kabid Mutasi BKPPD Gunungkidul, Agus Maryono yang juga sebagai pencetus aplikasi SIKAPE.

Manfaat lainnya ialah tidak akan ada kenaikan pangkat, mutasi alih jabatan, serta pensiun bagi ASN yang tercecer seperti yang sempat terjadi sebelumnya. Setiap OPD memiliki kewajiban mengusulkan nama-nama ASN pada periode waktu tertentu. Sistem akan mencatat dan memberikan pemberitahuan jika terdapat OPD yang belum mengusulkan. Sehingga tidak ada keterlambatan terkait hal-hal tersebut.

“Ada batasan-batasan kapan file harus diupload. Secara otomatis akan terlihat oleh pengelola kepagawaian kemudian bisa langsung diproses. Jadi tidak ada keterlambatan,” ucap Agus. (Roni)

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler