fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kerjasama dengan BPD DIY, Dishub Gunungkidul Luncurkan E-Parkir

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY meluncurkan aplikasi parkir elektronik atau e-parkir di Taman Kuliner. Program ini sebagai inovasi pemerintah untuk lebih maju dalam segala hal dan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang pesat ini.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto mengatakan, teknologi saat ini berkembang sangat pesat untuk mengimbanginya pemerintah mulai berinovasi dengan menggandeng sejumlah pihak. Salah satunya adalah dengan diluncurkannya program e-psrkir ini.

“Untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran semua kan sekarang serba gadget. Teknologi yang semakin canggih ini ya harus diimbangi dengan program yang lebih maju,” ujar Rakhmadian.

Secara teknis ia menjelaskan pembayaran nantinya cukup menggunakan dompet elektronik di ponsel. Pengendara cukup memindai kode batang (barcode) yang tersedia di titik parkir Taman Kuliner, pengunjung hanya tinggal menunjukkan bukti pembayaran ke  juru parkir (jukir).

“Sementara baru taman kuliner nanti coba kita evaluasi 1 sampai 2 bulan kedepan bagaimana perkembangannya. Baru nanti kita bisa terapkan di kantong parkir lainnya, kalau saat ini gambarannya selain di Taman Kuliner ini nanti dikembangkan di Selang,” imbuhnya.

Berita Lainnya  Siapkan Anggaran Puluhan Miliar Tahun 2019 Mendatang, Sejumlah Ruas Jalan Ini Dapat Prioritas Perbaikan

Rakhamadian juga mengatakan bahwa peluncuran e-parkir ini merupakan hadiah istimewa untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional.

Sementara itu Direktur Kepatuhan BPD DIY, Dian Ariani mengatakan, e-parkir menjadi salah satu inovasi teknologi pembayaran non-tunai. Pengunjung taman kuliner bisa membayar parkir ataupun membayar makanan menggunakan m-banking BPD DIY.

“Menggunakan Qris pembayaran parkir dan makan lebih mudah,” imbuhnya.

“Bertepatan dengan Peringatan Hari Perhubungan Nasional BPD DIY memberikan diskon pembayaran parkir hanya Rp 51 dan diskon jajan makan 51 persen minimal pembelian Rp 15.000. Pembayaran khusus menggunakan m-banking BPD DIY,” jelas Dian.

Ia berharap masyarakat di Gunungkidul memanfaatkan layanan E-Parkir ini. Pihaknya juga menjalin kerjasama dengan sejumlah Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) terkait sistem transaksi digital.

Berita Lainnya  DPRD Gunungkidul Temukan Penelantaran Pasien Positif Covid19 Oleh Pemerintah Kabupaten

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler