fbpx
Connect with us

Sosial

Bahagiakan Ratusan Anak Panti Asuhan, Komunitas Ini Ajak Buka Bersama Hingga Bagi-bagi Uang

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Senyum ceria tergambar jelas diantara ratusan anak-anak yatim maupun yatim piatu yang datang ke Resto Layah Kembar, Padukuhan Seneng, Kalurahan Siraman, Kapanewon Wonosari pada Rabu (20/04/2022) petang tadi. Anak-anak tersebut menghadiri buka bersama sekaligus juga bakti sosial yang diselenggarakan oleh Komunitas Berbagi Untuk Negeri. Tak hanya sekedar membuatkan acara yang meriah, komunitas ini juga menyalurkan bantuan bagi mereka.

Salah seorang koordinator Komunitas Berbagi Untuk Negeri, Iwan Dolphin mengungkapkan, kegiatan sosial semacam sudah ketujuh kalinya mereka adakan. Namun diakuinya bahwa kali ini merupakan penyelenggaraan acara terbesar yang pernah mereka adakan.

Menurut Iwan, proses penggalangan dana pada tahun 2022 ini memang sangat mengejutkan. Donatur tak henti mengalir untuk menyumbangkan uang, pakaian, buku, hingga bahan makanan untuk menunjang penyelenggaraan acara. Pihaknya sejak beberapa waktu terakhir ini memang membuka pengumuman donasi melalui media sosial. Postingan-postingan tersebut lantas viral sehingga donatur yang datang pun cukup banyak.

“Tahun ini donasi yang kami dapat jika ditotal bahkan mencapai lebih dari 50 juta,” papar Iwan, Rabu malam.

Jika pada event sebelumnya untuk acara sendiri terbatas pada penyaluran bantuan, kali ini pihaknya lantas merencanakan untuk menyelenggarakan acara meriah guna menghibur anak-anak panti asuhan maupun anak-anak yatim. Total, ada sekitar 280 anak-anak dari 5 Panti Asuhan maupun yayasan-yayasan yang tersebar di seluruh Gunungkidul yang bisa diundang untuk mengikuti acara ini.

Berita Lainnya  Sektor Perikanan Gunungkidul Tak Goyah Oleh Pandemi

“Tadi kita juga bagikan paket bingkisan yang berisi sembako, pakaian layak pakai, buku, alat tulis, hingga sepatu. Juga kita berikan uang tunai melalui pengurus Panti Asuhan maupun yayasan mereka,” lanjut dia.

Ditambahkannya, dengan banyaknya dukungan yang didapatkan komunitas Berbagi Untuk Negeri, tentunya membuat semangat komunitasnya semakin membara. Bahkan, ia berencana ke depan, komunitasnya ini bisa selalu hadir untuk para anak-anak yang nasibnya kurang beruntung ini. Satu hal yang digagasnya adalah untuk menjamin masa depan maupun potensi dari anak-anak ini.

Seperti misalnya jika nantinya dari kalangan anak-anak memiliki prestasi yang baik, komunitasnya akan berupaya memberikan bantuan pendanaan agar potensi anak-anak ini jangan sampai terhenti lantaran kendala kurangnya perhatian.

Berita Lainnya  Mengenal Jali, Tanaman Dengan Segudang Khasiat Sebagai Pengganti Beras

“Saya sampaikan tadi bahwa tugas mereka hanyalah belajar, jika nanti mungkin ada permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan ataupun potensi, mereka bisa datang ke kami. Kita ingin memberikan pemahaman bahwa anak-anak ini tak sendiri, ada komunitas Berbagi Untuk Negeri yang akan setia mendampingi mereka merengkuh masa depan yang sama dengan anak-anak lain yang masih mendapatkan kasih sayang orang tua lengkap,” urai Iwan.

Sementara itu, salah seorang donator bakti sosial Berbagi Untuk Negeri, Mas Ipung mengungkapkan kebanggannya sekaligus kebagiannya bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ada beberapa hal yang membuatnya langsung menyetujui untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Yang pertama adalah bakti sosial ini menyasar anak-anak Panti Asuhan yang tentunya membutuhkan perhatian. Sementara yang kedua adalah kegiatan sosial yang berbasis gerakan relawan semacam ini harus didukung.

“Niat mulia semacam ini pasti saya dukung,” ucap bos perumahan di Gunungkidul ini.

Ipung bahkan mengaku tak kuasa untuk turut berperan aktif dalam acara tersebut. Ia sempat bagi-bagi sejumlah uang tunai kepada puluhan anak yang berhasil menjawab pertanyaan darinya. Ke depan, ia menyatakan siap untuk mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh Komunitas Berbagi Untuk Negeri.

Berita Lainnya  SK Kemensos Turun, 30.000 Peserta BPJS Kesehatan Yang Dibiayai Pemerintah Akan Dicoret

“Melihat anak-anak tersenyum dan ceria seperti ini saja membuat saya terharu sekaligus bahagia,” tuturnya.

“Ke depan jika ada kegiatan-kegiatan sosial semacam ini, silahkan datang ke saya, pasti saya bantu sebisanya,” tutup Ipung.

Meski saat ini disibukkan oleh berbagai bisnis yang tengah dikembangkan di Gunungkidul, pengusaha muda ini memang memiliki perhatian khusus untuk kegiatan-kegiata sosial yang melibatkan masyarakat. Ipung dalam waktu dekat ini juga memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaran Turnamen Voli Mas Ipung Cup di Kapanewon Semanu. Ia juga tengah menjajaki pendirian yayasan sosial untuk membantu masyarakat Gunungkidul.

“Kalau untuk kegiatan sosial, sesibuk apapun pasti saya sempatkan untuk datang,” tutur pengusaha muda yang tengah mempersiapkan pembangunan perumahan dan lapangan golf dengan luas 10 hektar di Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen ini.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler