fbpx
Connect with us

Info Ringan

Bahan-bahan Alami Untuk Membersihkan Karang Gigi Yang Mengganggu Penampilan

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Keberadaan karang gigi acap kali mengganggu kenyamanan dan penampilan. Tak hanya mengganggu dalam hal tersebut, bau mulut pun akan menyengat jika karang gigi tak kunjung dibersihkan. Adapun penyebab karang gigi sendiri beraneka ragam, salah satunya karena sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama pada gigi dan tidak segera dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak segera dibersihkan tersebut akan menumpuk dan berubah menjadi karang gigi. Air liur yang mengandung mineral akan membentuk sisa-sisa makanan tadi jadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk akan membentuk sedimentasi.
Seperti benalu, karang gigi jika dipelihara justru akan merusak gigi. Akibatnya jika tidak segera ditindaklanjuti akan menyebabkan penyakit penyakit berbahaya seperti radang gusi, periodentitis, gigi berlubang dan bau mulut.

Sebagian dari kita sering kali takut dengan metode scaling untuk membersihkan karang gigi. Tidak bisa dipungkiri penghilangan karang gigi dengan metode scaling akan menyebabkan darah berkeluaran saat proses pembersihan. Apalagi rasa linu juga tidak bisa dicegah. Lalu sebenarnya apakah karang gigi bisa diobati dengan alami?

1. Kunyah Daun Sirih

Tahukah anda, daun sirih sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan gigi? Daun sirih bisa mengurangi bau mulut juga membersihkan karang gigi. Caranya mudah siapkan selembar daun sirih, sisipkan cengkeh, gilas agar halus namun jangan terlalu halus. Kunyah campuran di atas sekitar lima menit lalu kumurlah.

2. Konsumsi buah yang mengandung vitamin C

Banyak sekali buah buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, strawberry, juga lemon. Ternyata buah tersebut bisa mengurangi karang gigi. Langkah pertama yaitu haluskan buah tersebut saat sebelum menggosok gigi. Kemudian persiapkan pasta gigi dan sikat gigi celupkan selama dua menit pada buah yang sudah dihaluskan.

3. Mengonsumsi buah dan sayuran

Selain baik untuk kesehatan ternyata buah dan sayuran juga sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi kita. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, Anda dapat juga menghilangkan karang gigi. Terutama apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, dengan makan buah dan sayur, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.

4. Menggunakan kulit jeruk

Sangat sederhana, langkah pertama bersihkan kulit jeruk terlebih dahulu. Setelah itu gosokan pada gigi yang banyak ditumbuhi karang. Lakukan sebelum tidur jangan langsung berkumur tunggu setelah bangun tidur baru berkumur.

5. Gunakan baking soda

Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda mampu menghilangkan dan memutihkan gigi Anda dengan cepat. Dengan menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Caranya ambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata. Kemudian Anda tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini. Sikat gigi anda seperti biasanya selama 2 menit, lalu berkumur dengan air.

Karang gigi sebenarnya bisa dicegah salah satunya dengan rajin menggosok gigi. Gosok gigi yang benar ialah dilakukan sebelum sebelum tidur dan pagi hari selama dua menit dengan gerakan memutar agar sisa-sisa makan di sela-sela gigi dapat terangkat sehingga tidak menyebabkan plak pada gigi. Selain itu hindari kebiasan merokok juga dapat merawat gigi agar senantiasa bersih dan jauh dari plak.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler