fbpx
Connect with us

Sosial

Bakal Diberi Perawatan Istimewa, Begini Penampakan Sapi Kurban Sumbangan Presiden Jokowi

Diterbitkan

pada tanggal

Paliyan,(pidjar.com)–Sapi simental berukuran jumbo yang merupakan bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah sampai di Padukuhan Watugilang B, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan pada Jumat (09/08/2019) tadi. Rencananya, sapi tersebut akan mendapatkan perawatan ekstra sebelum disembelih pada hari raya Idul Adha pada Minggu (11/08/2019) mendatang.

Warga yang dipasrahi untuk merawat sapi, Budi Raharjo mengatakan, sapi tersebut tiba di rumahnya sekitar pukul 10.00 WIB. Menurutnya, sapi berwarna hitam kecoklatan dengan kombinasi putih itu dalam kondisi sehat.

“Sapi dalam kondisi sehat, untuk sementara kemungkinan masih lelah perjalanan sehingga makannya belum banyak,” terang Budi, Jumat siang.

Ia menjelaskan, sebelum disembelih untuk kurban, sapi tersebut akan mendapatkan perawatan ekstra. Dalam hal ini, pakan yang diberikan harus dalam keadaan fresh agar kesehatan sapi dalam kondisi prima.

Berita Lainnya  Kumpulkan Seluruh Pegawai, Endah Subekti Kuntariningsih Sentil Kebersihan dan Kinerja Sekretariat Dewan

“Pakan hijauan, untuk komboran (minuman) nanti kita sesuaikan dengan memberikan ampas tahu,” ujarnya.

Selain itu, untuk keamanan sendiri, dirinya siap bertanggung jawab penuh. Sehingga jika malam hari tiba, sapi itu akan terus diawasi agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

“Saya awasi sendiri, kalau tidak diikat di luar nanti ya saya masukan ke dalam kandang. Karena di dalam kandang juga ada sapi,” ujar pria yang juga berprofesi sebagai pedagang sapi itu.

Menurut Budi, untuk ukuran sapi sebesar ini memiliki harga ratusan juta rupiah. Namun begitu, dirinya tidak mengetahui harga sapi pemberian presiden yang kembali terpilih pada Pilpres 2019 kemarin itu.

Berita Lainnya  Cerita Warga Yang Melihat Pulung Gantung Pada Sore Hari Sebelum Mbah Karto Ditemukan Gantung Diri

“Kalau melihat dari postur dan jenisnya harga sapi ini mencapai Rp 100 juta. Karena bobot perkiraanya mencapai 1,1 sampai 1,2 ton,” ungkap dia.

Pantauan di lokasi, keberadaan sapi berukuran jumbo itu menarik perhatian warga. Selain melihat, warga sekitar juga memberanikan diri mendekat dan mencoba memberi makan sapi itu.

“Sapi berukuran sebesar ini memang jarang bisa ditemui di Gunungkidul,” tambahnya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler