fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Bantu Pembelajaran Jarak Jauh, BPBD Bangun Puluhan Jaringan Internet

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul membangun jaringan internet di puluhan sekolah. Hal itu dilakukan guna mendukung proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Nantinya, selain digunakan oleh para siswa juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, pihaknya akan membangun jaringan internet di 21 sekolah di Gunungkidul. Adapun anggaran yang digunakan melalui Bantuan Tak Terduga (BTT) senilai Rp 2,7 miliar. Dengan begitu, nantinya para siswa dapat memanfaatkan jaringan internet gratis ini untuk belajar, bahkan bisa digunakan masyarakat sekitar.

“Yang paling utama untuk kegiatan belajar para siswa,” kata Edy, Sabtu (12/12/2020).

Ia mengatakan, sekolah terjauh dari pusat kota yakni di SMP 3 Girisubo. Lokasinya justru berdekatan dengan wilayah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Saat ini di lokasi tersebut telah terpasang jaringan internet yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Gunungkidul.

“Dengan adanya jaringan internet bahkan di wilayah paling jauh ini kita harapkan dapat meningkatkan pembelajaran sesuai koordinasi dengan Dinas Kominfo dan Disdikpora Gunungkidul,” jela Edy.

Sementara itu, Kasubag perencanaan Disdikpora, Sumarno mengatakan, tahun ini  sudah ada 49 dari total 587 sekolah yang telah dipasang jaringan internet gratis dari Dinas Kominfo. Angka tersebut memang masih belum seberapa, namun dengan pemasangan ini diharapkan mampu mendukung program pemerintah daerah terkait Smart City dan Gunungkidul Cerdas.

“Pemasangan internet sangat membantu dalam mengatasi dampak pandemi covid dalam rangka pembelajaran. Tahun ini 49 sekolah. Untuk sekolah lain masih menggunakan internet dari provider,”kata dia

Kedepan, pihaknya berharap setiap tahun sekolah bisa terpasang internet gratis oleh pemerintah daerah. Dengan begitu, siswa bisa mudah dalam belajar dan memperoleh jaringan internet gratis.

“Semoga setiap tahun ada sekolah yang terpasang internet dari kominfo,” kata dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler