fbpx
Connect with us

Pariwisata

Bantuan Puluhan Juta Untuk Pokdarwis Akan Segera Dicairkan

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Dalam rangka meningkatkan perekonomian para pelaku wisata yang terdampak pandemi, Dinas Pariwisata DIY akan memberikan bantuan. Bantuan berbentuk uang tunai ini diperuntukkan bukan secara personal namun menyasar kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Diharapkan, dana bantuan ini bisa difungsikan sebagai upaya mengembangkan objek wisata masing-masing agar semakin siap dalam menghadapi pembukaan kembali obyek wisata Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, mengungkapkan jika program tersebut sudah mulai berjalan. Sejak beberapa waktu lalu, pihaknya memberikan informasi kepada para Pokdarwis jika akan ada program pemberian bantuan dari provinsi untuk meningkatkan pengembangan objek wisata. Ia menyampaikan jika bantuan tersebut bersumber dari anggaran yang dimiliki pemerintah provinsi DIY dengan nominal sebesar Rp. 25 juta hingga Rp. 35 juta untuk tiap Pokdarwis. Adapun penggunaan bantuan tersebut diperuntukkan untuk meningkatkan sarana pariwisata mauoun kegiatan di kawasan wisata yang dapat mendongkrak perekonomian di objek wisata setempat.

“Proposal sudah berproses sejak beberapa waktu lalu. Kita informasikan ke Pokdarwis, kemudian kita ketahui proposalnya, dan kita kirim ke Dinas Pariwisata DIY,” beber Harry saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (30/10/2021).

Harry menambahkan, jika bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh Pokdarwis yang ada di Gunungkidul lantaran tidak ada batasan jumlah Pokdarwis yang akan menerima bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan tersebut harus segera dimanfaatkan para Pokdarwis untuk membantu mengembangkan atau merencanakan kegiatan yang akan menarik wisatawan datang ke objek wisata. Pihaknya juga akan memberikan pendampingan dan pengawasan dalam hal penggunaan dana bantuan tersebut dan akan mempertanggungjawabkannya ke Dinas Pariwisata.

“Sudah ada sekitar 40 Pokdarwis yang mengajukan proposal bantuan tersebut, kemungkinan pemberian bantuannya melalui transfer ya. Kami diminta untuk mengawasi penggunaannya agar sesuai dengan yang diperuntukkan,” terang dia.

Lebih lanjut, Harry mengatakan jika nantinya Pokdarwis yang mengajukan sudah disetujui mendapatkan bantuan, dalam waktu dekat bantuan tersebut akan segera cair dan dapat segera dimanfaatkan oleh Pokdarwis. Ia berharap dengan adanya bantuan tersebut, ekonomi pelaku wisata dapat bergeliat dan bangkit kembali setelah sekian lama ditutup untuk sementara.

“Kemungkinan minggu pertama bulan November sudah cair, atau cair di bulan November besok,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler