fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Banyak Komentar Negatif, Berapa Biaya Patung TBG?

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Bangunan patung di depan Taman Budaya Gunungkidul belakangan menjadi perbincangan hangat warganet. Banyak pujian namun juga tak sedikit yang memaki lantaran bentuknya yang kurang simetris. Lalu, kira-kira berapa total anggaran untuk pengerjaan patung dengan konsep penari dan juga pengibing tersebut?

Kepala Seksi Bangunan Gedung dan Tata Bangunan Bidang Cipta Karya DPUPRKP, Nanang Irawanto menyebut, nilai pengerjaan patung dengan tinggi enam meter tersebut senilai Rp. 203.539.120,-. Adapun bangunan sendiri terdiri dari landasan patung, dua patung, dan landasan papan nama TBG.

“Ini tetap dikerjakan oleh WIKA, namun saat pra pengajuan patung sudah ada contoh patung yang disepakati, infonya juga melibatkan seniman Gunungkidul,” papar Nanang.

Nanang menambahkan, proses pengerjaan gedung senilai Rp 168 Miliar tersebut sudah 98%. Adapun kontrak sendiri berakhir pada 13 Juni 2021.

“Namun kemarin ada trobel ada lengkungan di gording joglo, kami sepakat dengan WIKA untuk memperbaikinya,” jelas Nanang.

Adapun WIKA sendiri sepakat untuk menyesuaikan ukuran kayunya. Ia memastikan untuk jenis kayu sendiri sudah susai spesifikasi.

“Masalahnya ada pada bentangan yang terlalu lebar, kalau kayunya nggak ada masalah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kundha Kabudayan Gunungkidul, Agus Kamtono mengaku tak mempermasalahkan warganet yang banyak memberikan komemtar negatif terhadap patung tersebut. Menurutnya proses pembuatan sendiri sudah sesuai kesepakatan antara seniman, Pemkab Gunungkidul dan pihak WIKA.

“Jika ada yang bilang seperti wajah saya, saya tidak merasa, yang jelas kesenian tarub itu merupakan tari asli Gunungkidul yang harus dijaga dan dilestarikan,” pungkas Agus.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler