fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Upaya Atasi Masalah Sosial, Pemkab Gunungkidul Jalin Kerjasama dengan Dua Perguruan Tinggi

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melakukan MoU dengan Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kerjasama ini dimaksudkan untuk menganalisis permasalahan sosial yang ada di Gunungkidul. Sehingga dapat melakukan upaya pemecahan permasalahan guna percepatan pembangunan.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, penyelenggaraan kerjasama ini untuk peningkatan dan pengembangan kopetensi sumber daya manusia yang ada di Gunungkidul. Universitas yang menjalin kerjasama tersebut diminta untuk melakukan penelitian terkait tingginya kasus bunuh diri, perceraian dan nikah muda.

Karena tiga hal ini menjadi permasalahan sosial yang harus dientaskan oleh pemerintah. Namun sebelum dilakukan upaya pengentasan, perlu adanya penelitian terkait sebab dan faktor yang mempengaruhi.

“Sosial budaya dan kualitas masyarakat kita perlu ditingkatkan lagi seiring dengan pengembangan sektor pariwisata yang dilakukan,” terang Sunaryanta.

Menurutnya, Perguruan tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan masyarakat. Sejumlah keunggulan yang dimiliki Perguruan Tinggi, seperti sumber daya manusia, perangkat kelembagaan, serta kemampuan untuk melaksanakan riset dan kajian di dua universitas ini menjadi latar belakang pemkab Gunungkidul menggandeng untuk kerjasama.

“Mari kita pecahkan bersama terkait dengan permasalahan sosial yang selama ini masih tinggi di Gunungkidul,” imbuhnya.

Sementara Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta Prof. Dr. Phil. Al-Makin, S.Ag., MA, mengutarakan harapannya yaitu kedepan hasil penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan di wilayah Gunungkidul dapat diaplikasikan oleh Pemda Gunungkidul melalui kebijakan strategisnya.

“Semoga kedepan akan bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat penelitian yang dilakukan terkait permasalahan di Gunungkidul,” ucap Al-Makin.

Hal serupa juga dipaparkan oleh Rektor Universitas PGRI Yogyakarta, Dr.Ir. Paiman, MP. Pihaknya siap terlibat dalam program percepatan pembangunan Gunungkidul yang diprogramkan oleh Bupati khususnya terkait dengan Tridarma Perguruan Tinggi.

“Kami memiliki program yang sudah diusulkan. Salah satunya dengan pembentukan desa binaan UPY di Gunungkidul, serta pembukaan kelas kerjasama untuk meningkatkan SDM pegawai,” terang Rektor Universitas PGRI.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler