fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Belasan Ribu Pemilih Pemula Didorong Aktif Berpartisipasi dalam Pilkada 2020

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tanggal 9 Desember 2020 mendatang Gunungkidul akan menyelenggarakan pemulihan umum kepala daerah (Pilkada). Untuk itu, baik dari badan pengawas pemilihan umum (KPU) Gunungkidul dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berupaya mendorong pemilih untuk aktif dalam pesta demokrasi. Salah satu yang dibidik oleh dua instansi ini, pemilih pemula agar dapat menggunakan hak suara mereka dengan maksimal.

Komisioner KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan bedasarkan data layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sampai dengan 5 Desember 2020 mendatang potensi pemilih pemula di Gunungkidul ada 12.866 orang. Jumlah tersebut sebagai gambaran awal dari KPU untuk melakukan pengecekan ke lapangan.

“Pelaksanaan pilkada 2020 semula September kemudian diundur Desember. Ada potensi penambahan pemilih pemula sampai Desember itu,” kata Asih, Rabu (22/07/2020).

Pihaknya nanti akan melakukan pendekatan yang sekiranya mampu mendongkrak keikutsertaan para pemilih pemula. Berbagai cara untuk memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula. Pasalnya suara dari pemilih pemula juga berkontribusi penuh dalam pesta demokrasi tahun 2019 mendatang.

Berita Lainnya  BST Tahap Kedua Segera Dicairkan, Dinsos Pastikan Telah Laporkan Data ke Kementrian

“Untuk sekarang masih menggunakan media sosial yang lebih efektif. Kita hindari dulu even tatap muka. Tapi nantinya jika memang sudah memungkinkan ada event-event tertentu yang menggandeng mereka” imbuhnya.

Lebih lanjut, selain itu pihaknya juga meminta pemilih pemula yang mayoritas merupakan generasi melenial agar ikut berpartisipasi dalam pengawasan. Paling tidak hal itu jika dilakukan, memberikan pengalaman dan pembelajaran untuk lebih mengetahui serta menerapkan pemilu sesuai dengan asas yang benar. Jika nantinya telah mendapat pengetahuan secara langsung, para pemilih pemula dan pemuda tentu akan lebih menghargai setiap upaya yang dilakukan.

Sekarang ini PPDP baru memastikan pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP elektronik. Pemerintah juga mendorong pemilih pemula untuk segera melakukan perekaman KtP elektronik.

Berita Lainnya  Puluhan Desa Selenggarakan Pilkades Serentak November Mendatang, Pemkab Mulai Sebar Tim

“Sebelum ada wabah darj Dukcapil sudah melakukan perekaman ke sekolah-sekolah, ada kerjasama dalam hal iji untuk memfasilitasi pemilih pemula tapi karena sekarang kondisinya tidak memungkinkan jadi terhenti,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Gunungkidul, Tri Asmiyanto. Saat ini pihaknya masih mengoptimalkan sosialisasi melalui media sosial. Nantinya untuk mendongkrak partisipasi pemilih pemula akan dilakukan berbagai hal.

“Nanti mungkin pakai metode daring, mengingat saat ini kondisi seperti ini semua kegiatan dianjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan,” jelas Tri Asmiyanto.

Tidak menutup kemungkinan pula pihaknya akan menggandeng OSIS di tingkat SMA/SMK agar partisipasi pemilih pemula dapat digunakan semaksimal mungkin.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler