fbpx
Connect with us

Peristiwa

Belum Berhasil Diidentifikasi, Mayat Tak Dikenal Yang Ditemukan di Pantai Trenggole Akhirnya Dimakamkan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Identitas mayat yang ditemukan di tebing Pantai Trenggole, Desa Tepus, Kecamatan Tepus pada Senin (03/06/2019) sore lalu hingga kini masih gelap. Petugas masih kesulitan mengidentifikasi jenazah tersebut lantaran kondisinya yang sudah membusuk. Saat ini, mayat yang diduga berjenis kelamin laki-laki itu telah dimakamkan setelah sebelumnya dikirim ke RSUP Sardjito untuk dilakukan otopsi.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Riko Sanjaya mengatakan, mayat tanpa identitas tersebut telah dimakamkan pada Jumat (07/06/2019) silam di TPU Padukuhan Tepus III. Langkah ini diambil setelah sejak beberapa waktu terakhir usai ditemukan, tak ada laporan dari masyarakat yang kehilangan anggota keluarga. Selain itu, berdasarkan hasil otopsi, tidak ditemukan adanya tanda-tanda penganiayaan pada jenazah korban.

“Yang jelas tidak ada unsur penganiayaan. Namun kita belum mengetahui apakah yang bersangkutan korban laka laut atau yang lainnya,” beber Riko, Senin (10/06/2019) siang.

Meski begitu, pihaknya berharap, bagi warga yang kehilangan anggota keluarganya diharapkan untuk datang ke Polsek Tepus.

“Kalau ada yang merasa kehilangan anggota keluarganya bisa datang ke Polsek Tepus untuk melapor,” terang dia.

Ia menambahkan, sejak pertama kali ditemukan, petugas dari tim Inafis Satreskrim Polres Gunungkidul sebenarnya telah berusaha melakukan identifikasi sidik jari korban. Namun begitu, petugas terkendala bagian sidik jari jenazah tersebut yang telah mengalami kerusakan.

“Meski sudah rusak tim terus berusaha untuk mendapatkan sidik jari dari tangan mayat itu,” ujar Riko.

Dibeberkan lebih lanjut, kondisi mayat yang telah rusak tersebut diperkirakan lantaran telah beberapa hari berada di lautan. Hal itu ditunjukan dengan adanya tanda-tanda kerusakan pada rambut yang sudah rontok, wajah sudah dalam kondisi rusak dan sulit dikenali, serta alat vital telah hilang, kulit mengering, menghitam dan membusuk.

“Perkiraan kami sudah lebih dari tiga hari,” ucap dia.

Ia menambahkan, sebelum diputuskan untuk dimakamkan, pada Rabu (05/06/2019) lalu, mayat tak dikenal tersebut dikirim ke RSUP Sardjito Sleman untuk dilakukan otopsi.

“Hasilnya memang tidak ada penganiayaan di tubuh korban,” katanya.

Sebagaimana diketahui, mayat tersebut ditemukan sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu, salah seorang saksi mata, Suparman (38) warga Tepus berniat untuk mencari lobster dengan memasang krendet di kawasan pantai tersebut. Namun saat melintas di tebing-tebing pantai Trenggole ia mencium bau aneh layaknya bau busuk yang cukup menyengat.

Pria tersebut kemudian berusaha mencari titik bau yang cukup mengganggu hidungnya sembari meminta bantuan salah seorang warga lain. Sesaat setelah mmencari sumber bau ia mendapati sesosok mayat terlentang di bebatuan. Saat ditemukan, kondisi mayat tersebut sudah menghitam dan membusuk. Bagian wajah dan alat kelamin pun sudah tidak berbentuk lagi. Menemukan jasad itu, keduanya kemudian melapor ke anggota SAR dan Polsek setempat dan akhirnya mayat berhasil dievakuasi.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler