fbpx
Connect with us

Politik

Berbagai Kendala Hari H Pencoblosan, Dari Kekurangan Ratusan Surat Suara Hingga Segel Rusak

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul menemukan sejumlah kendala di lapangan terkait pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini. Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) diketahui mengalami kekurangan surat suara. Selain itu, ditemukan segel surat suara yang mengalami kerusakan.

Komisioner Bidang Pengawasan, Humas dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita menjelaskan, kekurangan surat suara hampir terjadi di 18 kecamatan di Gunungkidul. Namun sampai saat ini pihaknya belum memiliki data secara detail wilayah-wilayah tersebut.

“Kita dapat laporan di Kecamatan Panggang, Purwosari, Girisubo, Rongkop ada kekurangan surat suara. Hampir di seluruh kecamatan di Gunungkidul ada,” kata Rostia, Rabu (17/04/2019).

Ia mengatakan, kekurangan surat suara tersebut jumlahnya bervariasi di setiap wilayah. Ada yang hanya kekurangan 3 surat suara namun juga ada yang kekurangan hingga ratusan surat suara.

Berita Lainnya  Panwaslu: Penyelenggara Pemilu Masuk Dalam Pusaran Money Politic Berpotensi Hasilkan Wakil Rakyat Yang Korup

“Di Panggang kekurangan 100 surat suara, kita belum cek ke lokasi kebenarannya. Saat ini kita monitoring di seluruh kecamatan,” ucap Rosita.

Atas kejadian tersebut, pihaknya melakukan komunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mengenai hal tersebut. Dalam koordinasi tersebut KPU menjelaskan bahwa kekurangan surat suara tersebut karena tertukar.

“Bisa disiasati, jika di TPS itu kekurangan bisa diambilkan dari TPS lain dalam satu desa yang memiliki surat suara lebih. Kalau masih kurang bisa minta di TPS lain dalam satu Kecamatan,” ucap Rosita.

Selain kekurangan surat suara, ada juga temuan mengenai kerusakan segel pada surat suara. Kerusakan sendiri berupa lepasnya segel dari posisi semula.

Berita Lainnya  Lirik Gunungkidul, Investor Besar Berencana Bangun Pabrik Tepung Tapioka dan Pabrik Kertas

“Mungkin terlalu kencang saat dipegang jadi lepas,” imbuh dia.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady. Dari pantauan pihaknya, adanya surat suara tertukar menjadi kendala dalam pelaksanaan pemilu 2019 ini.

“Dari laporan anggota ada yang tertukar. Tapi dari KPPS sudah disiasati dengan pengawalan dari Polri,” ungkap Kapolres.

Saat ini, pihaknya terus melakukan pengamanan Pemilu 2019. Untuk Gunungkidul, Kapolres menegaskan sampai saat ini masih dalam taraf aman dan kondusif.

“Kami masih komitmen terus untuk melakukan pengamanan. Sampai saat ini kami tegaskan, Gunungkidul aman,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler