fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Berbarengan Dengan Pemilu Hingga Pilkada, Pilur Serentak 2024 Kemungkinan Ditunda

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)– Tahun 2024 mendatang Kabupaten Gunungkidul direncanakan akan menyelenggarakan Pemilihan Lurah (Pilur) serentak gelombang ketiga. Namun demikian, pelaksanaan event demokrasi di level desa ini terancam mundur dari jadwal yang ada. Hal ini dikarenakan pada tahun tersebut, juga akan diselenggarakan pemilihan Presiden Wakil Presiden, anggota legislatif dari tingkat kabupaten sampai pusat, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan bahkan Pemilihan Kepala Daerah.

Kepala Bidang Bina Administrasi dan Aparatur Pemerintah Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana Gunungkidul, Kriswantoro mengatakan, sesuai dengan pemetaan gelombang yang dilakukan sejak awal memang tahun 2024 mendatang Gunungkidul masuk dalam kategori penyelenggara Pilur serentak. Di mana terdapat 30 kalurahan di Gunungkidul yang akan menyelenggarakan pemilihan.

Berita Lainnya  Sejumlah Peserta Ungkap Kejanggalan Dalam Seleksi Tenaga Kontrak Non PNS RSUD Saptosari

Akan tetapi, lantaran pada tahun tersebut merupakan tahun politik di mana akan digelar Pemilu, Pilpres hingga Pilkada di awal tahun dan menjelang akhir tahun, maka Pilur sendiri berpotensi ditunda hingga tahun berikutnya. Kendati demikian, menurut Kriswantoro, untuk keputusan final dari dinas masih menunggu informasi lanjutan dari pemerintah pusat.

“Secara penggelombangan memang menyelenggarakan Pilur serentak. Tapi untuk kepastiannya kami masih menunggu,” ucap Kriswantoro, Jumat (12/08/2022).

Isu mengenai penundaan Pilur memang santer beredar. Namun kepastiannya bagaimana, daerah pun belum mengetahuinya sebab prosesnya masih sangat panjang. Tahun ini dan tahun depan pun nampaknya tahapan-tahapan Pilur juga belum dimulai.

Jika memang benar akan ada penundaan dan penyelenggaraannya pada tahun 2025 mendatang, maka pada tahun tersebut bisa saja ada 56 Kalurahan yang menyelenggarakan pemilihan lurah serentak.

Berita Lainnya  Tarif Parkir Gunungkidul Akan Naik Januari 2020

“Belum ada persiapan untuk sekarang ini,” jelas dia.

Tentunya, setelah ada kepastian dari pemerintah pusat dinas ini akan berkoordinasi dengan OPD lainnya sebagai persiapan dan lain sebagainya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler