fbpx
Connect with us

Sosial

Berkenalan Dengan Tyas, Calon Duta Inspirasi Asal Gunungkidul

Published

on

Gedangsari,(pidjar.com)–Cantik, cerdas dan memiliki jiwa sosial tinggi. Begitulah gambaran yang mungkin paling tepat untuk Tyas Maharani. Gadis berusia 21 tahun asli Kapanewon Gedangsari ini berpeluang untuk mengharumkan nama Gunungkidul dalam ajang Indonesia Event, sebuah gelaran berstandar nasional yang diikuti oleh berbagai tokoh muda di seluruh Indonesia.

Patut diacungi jempol, mahasiswa IAIN Surakarta jurusan Bahasa Inggris ini terpilih menjadi salah satu finalis yang akan mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi Duta Inspirasi. Duta Inspirasi sendiri merupakan program dari Indonesian Event untuk menyongsong Indonesia Emas pada 2045 mendatang.

“Tujuan dari event ini adalah untuk mempersiapkan Generasi Emas 2045, khususnya bagi para kaum muda,” tutur Tyas saat berbincang dengan pidjar.com, Sabtu (29/05/2021).

Tyas menambahkan, terkhusus untuk Duta Inspirasi ini, berfokus pada pengembangan kaum muda di Indonesia. Peran kaum muda sendiri akan sangat penting dalam pengembangan bangsa. Menurutnya, ledakan penduduk di Indonesia sendiri diprediksi akan terjadi pada 2030 hingga 2035.

“Awalnya saya resah dengan apa yang terjadi di Indonesia, terutama yang terjadi pada generasi muda ataupun banyaknya permasalahan sosial. Kemudian saya mencari tahu apa yang bisa saya lakukan untuk Indonesia. Memang sekarang ini baru hal-hal kecil saja, tapi semoga ke depan bisa lebih besar lagi,” urai dia.

Tyas menjelaskan, salah satu yang ia banggakan adalah karyanya berupa video pengenalan pariwisata di Gunungkidul di kancah nasional. Ke depan, ia juga akan membuat podcast yang membahas tentang pengembangan diri para remaja.

“Saya akan membahas pengembangan diri, literasi dan kesehatan mental. Yang akan menjadi konsen utamanya adalah berperang melawan ketidakpercayaan diri generasi muda. Saya sendiri juga merasa bahwa generasi muda harus insecure karena itu yang akan menjadikan kekuatan untuk kita,” papar Tyas.

“Saya juga akan membuat workshop kecil bagaimana kita berdamai dengan rasa insecure, self love dan bagaimana kita melawan overthinking, tiga tema itu senada dengan visi misi Indonesian Event,” ungkap Tyas.

Gadis yang hingga kini masih tinggal bersama orang tuanya di Padukuhan Mertelu Kulon, Kalurahan Mertelu, Kapanewon Gedangsari ini juga aktif menulis buku dan juga mengisi salah satu platform pendidikan. Ia juga aktif sebagai volunteer dengan organisasi sosialnya.

“Kami harap, warga Gunungkidul mendukung saya dalam ajang Duta Inspirasi dengan cara follow Instagram @indonesian.event @dutainspirasi.indonesianevent. Kemudian vote saya dengan nomor urut 220,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler