fbpx
Connect with us

Kriminal

Berulang Kali Mencuri dan Pernah Tertangkap Warga, Pembobol Kotak Infaq Menyerahkan Diri

Diterbitkan

pada tanggal

Semanu,(pidjar.com)–Pelaku pencurian kotak infaq di masjid As Shobirin, Padukuhan Wediutah, Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu akhirnya menyerahkan diri ke Mapolsek Semanu untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Rabu (25/08/2020) dini hari, Mg (50) warga Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu didampingi oleh anggota keluarganya dan beberapa orang lainnya kemudian mendatangi polsek untuk penyerahan diri.

Kapolsek Semanu, AKP Ahmad Fauzi mengungkapkan, usai adanya peristiwa pencurian kotak infaq di wilayah Wediutah, pihaknya kemudian melakukan penyelidikan. Dari bukti kendaraan, sejumlah barang yang tertinggal di lokasi sempat tertangkapnya pria tersebut dan bedasarkan informasi yang digali oleh petugas.

Dari situ, petugas menduga bahaa pelaku pencurian mengarah ke Mg. Peyelidikan terus dilakukan oleh petugas kepolisian, sampai pada akhirnya petugas mendatangi rumah pelaku.

Namun begitu, saat petugas datang pelaku tidak ada di rumah. Baru pada Selasa malam, pihak keluarga berusaha memancing Mg untuk pulang, sesampainya di sekitar lingkungan rumahnya ia kemudian urung melanjutkan perjalanan ke rumah. Hal ini karena ia mengetahui banyak orang di sekitar lingkungannya termasuk adanya beberapa orang polisi

“Pelaku justru kabur lagi. Bersembunyi di ladang agar tidak ketahuan orang jika ia hendak pulang,” terang AKP Ahmad Fauzi.

Ditunggu sampai larut malam, pelaku tetap tidak menampakkan diri. Sejumlah warga yang berkumpul di sekitar rumahnya kemudian membubarkan diri. Dirasa sudah cukup aman, Mg baru memberanikan diri untuk pulang ke rumah. Rabu dini hari sekitar pukul 00.30 WIB ia bersama keluarganya mendatangi Polsek Semanu untuk menyerahkan diri mempertanggung jawabkan perbuatannya.

“Dia menyerahkan diri ke Mapolsek. Kemudian tim penyidik unit reskrim melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan,” tambahnya.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, Mg mengaku jika telah melakukan tindak pencurian di 8 lokasi kejadian lainnya. Saat ini pemeriksaan lanjutan masih dilakukan oleh petugas kempolisian untuk mengungkap dimana saja lokasi pencurian lainnya dan motif melaku melancarkan aksi nekat terseut.

“Motif masih didalami oleh penyidik. Untuk proses hukum tetap lanjut,” ujar Kapolsek.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Senin (24/08/2020) siang kemarin, Masjid As Shobirin, Padukuhan Wediutah, Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu disatroni pencuri kotak infaq. Pelaku pencurian sendiri semula sempat tertangkap oleh warga yang melakukan pengejaran, akan tetapi kemudian pelaku justru dapat melarikan diri.

Kanit Reskrim Polsek Semanu, Ipda Mahmet Ali Bahonar, SH mengungkapkan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Di jam tersebut Nanik Purwanti (35) warga setempat hendak beribadah di masjid. Saat itu, dirinya melihat seorang laki-laki tidak dikenal mencongkel kotak infaq, kemudian uang yang ada didalamnya diambil dan dimasukkan kedalam tas pinggang yang dibawa oleh laki-laki itu.

Pengejaran saat itu dilakukan oleh pamong kalurahan dan oleh warga. Pelaku pencurian sebenarnya sempat tertangkap oleh warga di sekitar Klinik Al Mubarok, Padukuhan Ngaglik. Namun pelaku kemudian melarikan diri, dengan meninggalkan kendaraan dan beberapa barang lainnya di sekitar lokasi ia tertangkap.Adapun uang yang berhasil dicuri oleh pelaku sebesar Rp 268.000.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler