fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Besaran Dana Desa Tahun 2023 Untuk Gunungkidul Capai 175 Miliar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Pemerintah kalurahan akan mendapatkan berbagai kucuran dana baik dari pemerintah pusat, provinsi, hingga pemerintah kabupaten. Dana yang diberikan ini dimaksudkan untuk program pembangunan daerah hingga pemberdayaan bagi masyarakatnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Gunungkidul, Subiyantoro mengatakan, pihaknya telah mmendapatkan informasi terkait dengan penerimaan dana desa tahun 2023 di Kabupaten Gunungkidul Rp.175.848.933.000. Jumlah ini lebih besar jika dibandingkan dengan transfer dana desa tahun 2022 yang hanya sebesar Rp 144.366.117.000.

Kendati demikian, besaran tahun 2023 itu masih bisa berubah dikarenakan adanya isu inflasi secara nasional. Dari dinas sendiri masih menunggu informasi lebih lanjut.

Berita Lainnya  Pembangunan Pelabuhan Gesing Dimulai Tahun Depan, Tahap Pertama Habiskan 100 Miliar

“Besaran total sebesar Rp. 175,8 miliar tapi masih ada kemungkinan masih terkoreksi karena adanya inflasi yang menjadi isu nasional,” kata Subiyantoro, Senin (14/11/2022).

Disinggung mengenai plot per kalurahan dirinya masih belum mengetahui secara pasti. Termasuk dengan penggunaan anggaran tersebut bidang apa saja yang nantinya akan menjadi fokus pelaksanaan.

“Pemanfaatan anggaran diatur dalam Permendesa Nomor 8 tahun 2022 mulai dari pemulihan ekonomi, dan lainnya,” ucap dia.

Selain transfer dana desa, nantinya Pemerintah Kalurahan juga akan mendapatkan kucuran anggaran dari pemerintah provinsi terkait dengan Dana Keistimewaan untuk pembangunan ataupun untuk hal lainnya. Menurut Subiyantoro, Danais ini nantinya masing-masing kalurahan besarannya berbeda tergantung dengan jumlah titik yang mendapatkan anggaran.

Berita Lainnya  Disdukcapil Optimis Sukseskan Program KTP El Satu Jam Harus Selesai

“Masing-masing Rp 25 juta per padukuhan,” imbuhnya.

Berkaitan dengan BKK kabupaten yang dimaksudkan untuk pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya saat ini masih belum ada penetapan pagu anggarannya. Namun demikian, seperti setiap tahunnya BKK akan diberikan ke kalurahan dan menyasar ke padukuhan-padukuhan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler