fbpx
Connect with us

Sosial

BPD DIY Salurkan Bantuan CSR Senilai Ratusan Juta Untuk Perpustakaan Kalurahan

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–PT Bank Pembangunan Daerah DIY Cabang Wonosari menyerahkan bantuan dari Corporate Social Responsibility PT BPD DIY senilai Rp 100 juta kepada 9 Perpustakaan Kalurahan (Perpuskal) di Gunungkidul. Dengan bantuan ini, diharapkan bisa membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan budaya literasi yang cukup tinggi, maka kemudian akan memperbaiki sumber daya manusia di Gunungkidul.

Bantuan ini diharapkan mampu mendukung perpustakaan kalurahan berbasis inklusi sosial. Tidak hanya sekedar membaca, namun dikembangkan pula literasi pembelajaran produktif.

“Ini juga sebagai stimulus mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi,” ujar Kepala Cabang Bank BPD DIY Wonosari, Plati Soulistyanti di tengah-tengah penyerahan CSR, Jumat (03/07/2020) siang tadi.

Pihaknya mengamati, pandemi ini berdampak pada sektor ekonomi yang kian menurun. Untuk itu, BPD DIY mendorong program perpustakaan kalurahan bangkit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga perpustakaan dapat menambah pengetahuan dan membantu Pemkab Gunungkidul dalam mengurangi angka kemiskinan.

Berita Lainnya  Iuran BPJS Kesehatan Naik 2 Kali Lipat, Wakil Bupati: Itu Sangat Memberatkan Masyarakat

“Salah satu penerima CSR yakni Perpustakaan Balai Pintar Kalurahan Pengkol yang akan mewakili DIY maju lomba tingkat nasional,” jelas Plati.

Sedangkan perpustakaan lain berasal dari Kalurahan Kepek, Semanu, Sambirejo, Dengok, Wonosari, Ngalang, Bejiharjo dan Bedoyo. Sebanyak 39 perpustakaan kalurahan sudah dikembangkan berbasis inklusi. Artinya tidak hanya pinjam buku, tetapi melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan.

“Baik itu pengolahan makanan lokal sesuai potensi, hingga seni budaya,” imbuhnya.

Termasuk, lanjut Plati, adanya pelatihan Bahasa Inggris hingga pemasaran online. Bantuan CSR BPD DIY sangat bermanfaat untuk mendukung sarana prasarana teknologi. Perpustakaan kini dikembangkan informasi komunikasi baik membaca buku maupun internet.

“Tujuannya agar muncul ide, ilmu, wawasan dan gagasan dari masyarakat. Sehingga akan membuat perpustakaan menjadi Membaca Buku Belajar Informasi Teknologi (Bukit) , muncul Ide, gagasan dan mengolah memunculkan kegiatan kerja (Idola),” tukas Plati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul, Ali Ridlo mengapresiasi CSR dari BPD DIY. Harapannya dengan diberikan dana ratusan juta ini mampu memberikan fasilitas kepada masyarakat dalam literasi.

Berita Lainnya  Sejumlah Obyek Wisata Rusak dan Dua Harus Ditutup, Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Turun Pasca Banjir

“Terlebih perpustakaan Kalurahan Pengkol yang saat ini hendak lomba ke tingkat Nasional,” tutup Ali.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler