fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Ini Formasi PPPK dan CPNS Yang Dibuka Pemerintah Tahun 2023

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada tahun ini memastikan tidak akan mengangkat Tenaga Harian Lepas (THL). Hal itu merujuk pada instruksi Pemerintah Pusat yang menghapus status THL ataupun tenaga honorer sejak November tahun lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Iskandar, menyebut jika dari sisi kebutuhan, pegawai di Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mencapai sekitar 14 ribu formasi. Dari jumlah itu, baru separuhnya atau sekitar 7.408 formasi yang baru dapat terisi baik dari ASN maupun non ASN.

“Jadi kurangnya sekitar enam ribuan pegawai,” papar dia.

Dijelaskannya, adanya THL sendiri cukup dibutuhkan untuk melengkapi formasi yang belum terisi. Namun penghapusan status THL dan honorer menjadi tantangan tersendiri untuk menjalankan roda pemerintahan. Tenaga THL yang saat ini masih aktif pun akan diakomodir mengikuti seleksi PPPK dan CPNS 2023.

Namun pada tahun ini, pemenuhan PPPK akan dilakukan pada tenaga guru, tenaga kesehatan, dan Tenaga teknis lainnya. Sedangkan rencana pembukaan pendaftaran CPNS yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat nantinya fokus pada pemenuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital.

“Tahun ini Pemkab menyelesaikan proses pembebasan sekitar 400 PPPK yang mendaftar dan lolos passing grade tahun 2022 lalu, sebagian besar merupakan honorer pada bidang kesehatan dan pendidikan,” ucapnya.

Ia menambahkan, pembukaan kuota PPPK setiap tahunnya memperhatikan jumlah ASN yang pensiun dan mempertimbangkan kemampuan daerah yang jumlahnya sekitar 400 orang tiap tahun.

“Sebab anggaran gaji PPPK dibebankan ke daerah, ini tentu sangat memberatkan. Kecuali pusat memberikan tambahan pada APBD serta topup untuk anggaran tersebut,” jelasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler