fbpx
Connect with us

Sosial

Bus AKAP Hanya Diperbolehkan Turunkan Penumpang di Dua Terminal Ini

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dua posko induk pantauan bagi pemudik dilaunching Pemkab Gunungkidul di Terminal Dhaksinarga Wonosari dan Terminal Semin. Pembuatan posko induk ini adalah sebagai langkah antisipasi penyebaran Virus Covid19. Nantinya, seluruh bus Antar Kota Antar Provinsi hanya boleh menurunkan penumpang di dua terminal tersebut.

Kepala Dishub Gunungkidul, Wahyu Nugroho menjelaskan, kebijakan ini dibuat sebagai upaya preventif. Pihaknya pun saat ini telah meninak lanjuti imbauan tersebut melalui surat edaran yang diberikan kepada seluruh Perusahaan Otobus (PO) yang beroperasi di Gunungkidul.

“Kami telah membuat surat edaran bahwa seluruh armada bus wajib menurunkan penumpang di terminal untuk sementara waktu ini,” tutur Wahyu, Selasa (31/04/2020) siang.

Pihaknya juga berkomitmen akan membantu para tim gugus tugas penanganan Covid19 dengan melakukan pedataan para penumpang atau pemudik yang telah masuk ke Gunungkidul. Data tersebut memang cukup penting guna mengetahui sebaran para pemudik yang telah masuk ke Gunungkidul.

Berita Lainnya  Dinilai Batasi Penangkaran dan Jual Beli Burung, Kicaumania Protes Penerbitan Permen LHK

“Kita memang harus menjadi support system,” imbuh dia.

Senada sengan Wahyu, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi menjelaskan, pembangunan dua posko ini digunakan untuk menscreening pemudik yang keluar masuk Gunungkidul. Dengan posko ini diharapkan akan memberikan kejelasan status warga yang datang ke Gunungkidul.

“Dua posko ini akan dipantau langsung oleh Pemkab Gunungkidul nantinya untuk update data,” jelas Immawan.

Lebih lanjut ia mengatakan, dua posko induk ini memberlakukan protokol kesehatan dalam penanganan pencegahan Covid19. Mulai dari pemeriksaan data penumpang hingga pemeriksaan kesehataan secara langsung menggunakan peralatan lengkap.

“Protokolnya, nanti ketika penumpang datang akan diberhentikan satu-persatu turun nanti masuk bilik disinfektan,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut dia, para pemudikan diarahkan untuk mencuci tangan, setelah itu nanti akan diukur suhunya melalui termo gun.

Berita Lainnya  Tak Ramah Kepada Masyarakat, 3 Pegawai RSUD Wonosari Dapat Sanksi Mutasi

“Baru nanti akan dicatat data setiap penumpang, siapa, alamatnya di mana dan hasil pengecekan,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler