fbpx
Connect with us

Info Ringan

Cara Mendeteksi Kebohongan Seseorang

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Berbohong adalah suatu perilaku yang memutar balikkan fakta atau kenyataan yang ada. Orang yang memiliki kebiasaan buruk semacam ini biasanya akan mengarang-ngarang cerita yang terkadang tidak masuk akal. Ditambah lagi, dia akan sering memanjang-manjangkan cerita yang seharusnya singkat. Hal ini dilakukan hanya untuk membuat orang-orang yang mendengarnya menjadi lebih yakin akan cerita yang disampaikannya tersebut. Berikut adalah cara untuk mendeteksi kebohongan dengan cara mengamati perilaku dan bahasa tubuh seseorang yang dilansir dari thepanicchannel.com.

  1. Anda Bisa Mengajukan Pertanyaan-Pertanyaan Untuk Mengetes Subjek Yang Anda Curigai Sedang Berbohong

Pertama, tanyakan sesuatu pada orang tersebut, pertanyaan yang jawabannya cenderung jujur. Kemudian pilih sebuah pertanyaan yang anda anggap orang tersebut akan berbohong atau mengelak.

  1. Amati Perilaku Yang Tipikal Atau Khas

Catat bahasa tubuh, gerakan mata, serta konsistensi dan volume suara orang tersebut. Cara terbaik untuk mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak adalah dengan mengamati terlebih dahulu perilakunya ketika dia mengatakan hal yang sebenarnya.Saat berbohong, bahasa tubuh atau volume serta intonasi suara biasanya akan berubah dibandingkan dengan saat dia berkata jujur.

Peta Sebaran Status COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul
*Credits: https://bit.ly/statCovGK (updated)
  1. Periksa Gerakan Aneh
Berita Lainnya  Lima Tips yang Mampu Mengatasi Insomnia

Apakah orang tersebut gelisah? Apakah dia melihat mata Anda? Apakah dia tersenyum? Apakah dia duduk dengan santai? Individu tertentu akan lebih aktif daripada yang lain, jadi ketika seseorang gelisah atau menunjukkan perilaku yang lebih hiperaktif, ini tidak selalu menandakan dia berbohong. Bandingkan perilaku tidak biasa dengan sikap yang biasa dia lakukan.

  1. Evaluasi Respon Jawaban

Ketika Anda mengajukan pertanyaan, cek apakah dia memberikan jawaban langsung, atau membuat beberapa usaha untuk mengalihkan topik pembicaraan. Seorang pembohong akan berusaha untuk mengalihkan topik pembicaraan yang membuatnya tidak nyaman.

  1. Amati Respon Yang Lambat Atau Tergesa-Gesa

Apakah orang tersebut membutuhkan waktu lama untuk menjawab? Atau tergesa-gesa dalam menjawab pertanyaan Anda? Jika seseorang membutuhkan waktu yang lama untuk menjawab atau meminta Anda untuk mengulangi pertanyaan, dia mungkin sengaja mengulur-ulur waktu untuk merangkai jawaban yang masuk akal, atau bisa juga dia justru menjawab terlalu cepat agar dapat segera beralih ke topik lain.

  1. Amati Perilaku Meminta Maafnya
Berita Lainnya  Lima Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Salah satu perilaku seseorang yang berbohong adalah melakukan permintaan maaf yang tidak penting berkali-kali. Alam bawah sadarnya mendorong dia untuk meminta maaf atas perilaku yang dianggap sebagai “kesalahan”.

  1. Amati Diam Yang Lama

Jika orang tersebut diam yang tidak biasa, mungkin dia menghindari berbohong lebih banyak. Dia bisa saja berperilaku agresif dalam upaya untuk mencegah Anda mengajukan pertanyaan lebih lanjut dimana dia mungkin harus berbohong lagi.

  1. Fokus Pada Wajah

Ketika Anda mengajukan pertanyaan, jika orang tersebut melihat ke arah samping kanan, ke atas, sudut kiri wajah Anda, atau ke kejauhan, dia mungkin berbohong. Hal ini akan berlaku arah sebaliknya jika orang tersebut memang kidal.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler