fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Fakta Tentang Kulit Orang Asia

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Kulit wajah orang Asia yang indah dan bersinar bukan lagi rahasia. Bahkan, beberapa influencer yang terkenal juga berasa dari Asia. Namun, terkadang ada beberapa orang yang mengikuti beauty influencer bukan dari Asia lalu mencoba produk yang direkomendasikan ternyata tidak cocok dengan kulit kita orang Asia. Sebenarnya ada alasan khusus kenapa cara merawat kulit orang di luar Asia atau Kaukasian tidak cocok dengan cara perawatan kulit orang Asia. Jadi, tidak heran jika banyak forum yang menyarankan agar orang Asia menggunakan produk yang memang dikhususkan atau dimanufaktur oleh negara-negara Asia untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nah berikut enam fakta tentang kulit orang Asia yang dilansir dari berbagai sumber.

Mudah Terkena Iritasi

Kulit orang Asia lebih sensitif tidak heran jika sering mengalami masalah iritasi. Kulit orang Asia lebih rentan terhadap iritasi dibandingkan dengan jenis kulit orang Kaukasia. Hal ini karena stratum corneum tipis, ini adalah lapisan terluar dari epidermis kulit. Pelindung kulit tipis ini yang menyebabkan suhu dan zat kimia yang rusak dan iritasi kulit bisa masuk dengan mudah. Untuk menghindari iritasi, kamu perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit sensitif.

Kulit Mudah Berminyak

Kulit orang Asia cenderung akan memproduksi lebih banyak minyak alami atau sebum. Hal ini karena orang Asia memiliki lebih banyak kelenjar sebasea yang mengontrol produksi sebum pada kulit wajah. Kulit orang Asia memiliki kelenjar lebih banyak jadi tidak heran jika lebih berminyak daripada orang Kaukasia. Selain itu, suhu dan cuaca serta kelembapan udara di Asia jauh lebih tinggi daripada negara wilayah Barat. Tingkat kelembapan yang tinggi ini menyebabkan kelenjar sebasea memproduksi minyak lebih banyak. Nah, hal ini menyebabkan kulit wajah orang Asia lebih cenderung berjerawat karena pori-pori tersumbat.

Luka Mudah Membekas di Kulit Wajah

Lapisan stratum corneum adalah lapisan terluar epidermis yang berfungsi melindungi kulit dari suhu di luar. Kulit orang Asia ini memiliki lapisan yang sangat tipis, jika terkena luka tentu akan menyebabkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Luka karena bekas jerawat atau yang lainnya akan lebih mudah membekas. Karena memiliki lapisan kulit yang tipis, kulit orang Asia membutuhkan waktu yang lama untuk memudarkan atau menghilangkan bekas luka. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada banyak produk perawatan kulit yang bermanfaat untuk memudarkan bekas luka atau bekas jerawat. Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan aloe vera untuk mengatasi masalah ini.

Rentan Terkena Hiperpigmentasi

Masalah hiperpigmentasi dialami banyak orang tidak peduli siapapun dan jenis kulit apa. Kalau kamu suka melakukan kegiatan outdoor dalam waktu lama, hiperpigmentasi mudah menyerang kulit. Hal ini diakibatkan oleh tingginya jumlah melanin yang diproduksi oleh melanosit. Sebenarnya, setiap jenis kulit memiliki jumlah sel melanosit yang sama dan pembedanya jumlah produksi melanin. Kulit orang Asia akan memproduksi lebih banyak melanin jika dibandingkan dengan kulit orang Kaukasia. Hal ini dikarenakan melanin digunakan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Sebenarnya hal ini baik untuk menjaga kesehatan kulit tetapi produksi melanin yang berlebihan akan membuat kulit lebih rentan dengan masalah pigmentasi. Tidak heran ya orang Asia cenderung lebih rentan mengalami hiperpigmentasi.

Lebih Tahan dengan Tanda Penuaan Kulit

Tidak hanya hal negatif saja yang ada pada kulit orang Asia ya! Kamu sebagai orang Asia bisa bersenang hati karena wajah orang Asia tidak cepat keriput. Tidak heran ya kalau orang Asia bisa terlihat lebih muda meskipun usianya sama. Alasannya karena orang Asia memiliki lapisan stratum corneum yang lebih tipis daripada kulit orang Kaukasia dan kulit wajah orang Asia memiliki lapisan dermal lebih tabel. Lapisan ini digunakan kulit untuk menyimpan  elastin dan kolagen yang berfungsi membuat kulit tetap elastis sehingga garis halus tidak cepat terbentuk.

Memiliki Kadar Kolagen Tinggi

Orang Asia awet muda karena orang Asia memiliki kolagen dan elastin dengan jumlah lebih banyak, proses penuaan kulit pada orang Asia terjadi sangat lambat dibandingkan kulit orang Kaukasia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler