fbpx
Connect with us

bisnis

Cerita Pasutri Asal Pulutan yang Sukses Budidaya Lobster Air Tawar

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Sejak 2013 lalu, Danuyanto (52) warga Padukuhan Ngaliyan, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari mulai menekuni usaha budidaya lobster air tawar. Tidak disangka, usaha ia geluti sejak tahun 2013 lalu itu ternyata sangatlah menguntungkan. Omzet perbulan dari usaha tersebut mencapai jutaan rupiah.

Kepada wartawan, Sugiyanti istri Danuyanto menceritakan awal mula pasturi ini menekuni budidaya lobster air tawar. Tahun 2013 lalu, Danuyanto pulang dari jakarta membawa bibit lobster agak banyak, kemudian bibit itu dipelihara di aquarium yang ada di rumah.

Setelah beberapa bulan berselang, ternyata lobster tersebut berkembang dan semakin banyak. Dari situ, Sugiyanti dan Danuyanto membuat kolam untuk budidaya lobster air tawar.

“Dari situ ada.pendampingan dari pemerintah, kita juga dapat bantuan dan dibentuklah kelompok peternak lobster Danutirto,” kata Sugiyanti, Rabu (24/03/2021).

Sekarang ada 25 kolam yang digunakan untuk budidaya lobster air tawar. Setiap hari kebersihan dan perkembangan lobster-lobster ini terus dipantau oleh Danuyanto.

Salah seorang anggota kelompok, Darminto menjelaskan budidaya lobster air tawar itu sangat menjanjikan. Permintaan pasar selama ini sangat tinggi, sehingga kelompoknya terkadang kuwalahan untuk mencukupo kebutuhan.

“Biasanya baru pembibitan belum sampai dibesarkan sudah laku dibeli oleh pengepul,” kata Darminto.

Ia menungkapkan, setiap 3 minggu hingga satu bulan sekali dilakukan pengiriman 5.000 bibit ukuran 1 inchi dengan harga pasaran Rp 1.000 hingga Rp 2.500 per pekor tergantung ukuran. Biasanya dari ukuran 1 inchi hingga siap konsumsi membutuhkan waktu pemeliharaan sekitar 7 bulan.

“Selain dari produksi kelompok kita juga ambil dari masyarakat yang ikut budidaya. Banyak kok sekarang masyarakat luar Ngaliyan yang tertarik,” paparnya.

Harga jual lobster air tawar siap konsumsi yaitu Rp 150.000 per kilogramnya, berisi 12 ekor lobser siap konsumsi. Kandungan gizinya lobster air tawar ini juga lebih tinggi.

Untuk memelihara lobster air tawar sangat mudah. Yang perlu diperhatian adalah kebersihan airnya, sedangkan untuk pakan seperti kacan-kacangan dan jagung juga diperhatikan jangan sampai terlalu banyak.

Dirinya berharap pembibitan lobster ini bisa ditiru oleh masyarakat lain karena prospek kedepan cukup baik. Puni-pundi penghasilan juga sangat menjanjikan.

“Pemeiliharaannya mudah dan sangat menguntungkan sekali,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler