fbpx
Connect with us

Kriminal

Cetak Uang Palsu di Semin, Niat Warga Samigaluh untuk Tipu Orang Kandas

Published

on

Semin,(pidjar.com)–A (30) warga Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo dibekuk jajaran Unit Reskrim Polsek Semin di wilayah Candirejo, Kapanewon Semin pada Rabu (13/01/2020) kemarin. Ia diduga menjadi pelaku pembuat uang palsu yang rencananya akan digunakan untuk menipu orang di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Atas perbuatannya itu, pelaku diancam Pasal 26 ayat (1) (2) UURI No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang Jo pasal 244 ayat (1) KUHP.

Informasi yang berhasil dihimpun, Selasa lalu warga Candirejo mencurigai aktivitas di rumah milik Supriyanto yang di tempati oleh A. Warga kemudian memberanikan diri untuk mencari tahu aktivitas apa yang dilakukan, ternyata didapati adanya aktivitas percetakan uang palsu di rumah tersebut.

Warga kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Unit Reskrim Polsek Semin untuk di tindak lanjuti. Anggota kemudian melakukan penyelidikan dan penggrebekan di rumah tersebut namun demikian tidak ada aktivitas A saat itu hanya barang-barang milik dia yang ada.

“Polisi melakukan penggalian informasi terkait keberadaan A,” terang Iptu Suryanto, Kasubbag Humas Polres Gunungkidul, Kamis (14/01/2021).

Kemudian pada Rabu (14/01/2021) pelaku berhasil di tangkap oleh petugas kepolisian. A ditangkap oleh petugas di rumah yang ia tempati saat dia pulang dari bepergian. Saat ini proses pemeriksaan masih dilakukan oleh anggota Polsek untuk mengetahui lebih dalam motif pelaku.

“Uang pecahan 100 ribu rupiah. Pencetakannya dengan cara difotocopy,” sambung dia.

Sementara Kapolsek Semin, AKP Arif Heriyanto mengatakan pihaknya masih mendalami kasus ini. Pelaku telah diamankan dan ditahan di Mapolsek Semin, anggota polsek juga tengah melakukan perhitungan berapa uang palsu yang dibawa dan diproduksi oleh pelaku.

“Uang itu rencananya mau untuk menipu orang,” ucap dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler