fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dana Desa 2024 Untuk Gunungkidul Dipastikan Naik

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari, (pidjar.com)– Alokasi dana desa tahun 2024 mendatang akan mengalami kenaikan, adapun Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKP2KB) Gunungkidul menyebut kenaikan dana desa sekitar Rp. 1 miliar.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, DPMKP2KB, Subiyantoro saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, dari informasi di Kementerian Keuangan jika alokasi dana desa di Gunungkidul tahun depan meningkat Rp. 1 miliar. Meski demikian, kenaikan tersebut bersifat akumulasi total dana desa yang diterima di seluruh kalurahan di Gunungkidul.

“Jadi bukan setiap kalurahan yang naik dana desanya, tapi jumlah dana desa yang diterima di seluruh kalurahan itu memang meningkat tahun depan,” ujar Subiyantoro, Selasa (24/10/2023).

Berita Lainnya  Pantauan Dewan, RSUD Saptosari Belum Siap Beroperasi

Lebih lanjut, ditambahkannya kenaikan alokasi dana desa tergantung kebijakan dari pemerintah pusat. Adapun pada tahun ini alokasi dana desa di Gunungkidul sejumlah Rp. 175.848.933.000. Terkait kenaikan dana desa, dijelaskannya masih bersifat total keseluruhan dan belum terperinci alokasi di setiap kalurahan. Pihaknya juga belum dapat memastikan penggunaan dana desa dipergunakan untuk sektor apa saja lantaran belum ada instruksi lanjutan.

“Tahun depan naik Rp. 1 miliar itu dibagi ke 144 kalurahan,” jelasnya.

“Kami juga masih menunggu peraturan meteri keuangan untuk detail penerimaan di setiap kalurahan dan untuk apa saja penggunaannya,” sambung Subiyantoro.

Disebutnya saat ini masih terdapat dua kalurahan yang belum bisa mencairkan dana desa tahap ketiga. Menurutnya, belum optimalnya serapan dana desa membuat dana desa belum dapat dicairkan. Pihaknya pun segera akan melakukan monitoring agar kedua kalurahan tersebut segera dapat mencairkan dana desa.

Berita Lainnya  Naik Dibanding Tahun 2019, Indeks Pembangunan Manusia Gunungkidul Masih Terendah di DIY

“Ada dua kalurahan yang belum mencairkan dana desa, itu di jurangjero dan kampung,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler