fbpx
Connect with us

Peristiwa

Dapur dan Kandang Kambing Hasanudin Luluh Lantak Diterjang Angin Kencang

Diterbitkan

pada tanggal

Ponjong,(pidjar.com)–Angin yang menerpa Kabupaten Gunungkidul beberapa waktu terakhir ini memang cukup kencang. Fenomena alam ini tentunya membuat potensi bencana menjadi sangat mungkin terjadi dan membahayakan.

Seperti kejadian angin kencang yang terjadi di Padukuhan Koripan II, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong pada Sabtu (05/10/2019) sore kemarin. Akibat angin kencang yang berhembus tersebut, Hasanudin (65) harus kehilangan dapurnya. Bangunan dapur yang terletak di belakang rumah ambruk lantaran tak kuat menahan hembusan angin. Beruntung dalam peristiwa ini, tak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka.

Assesor TRC BPBD Kabupaten Gunungkidul, Ahmad Riyadi menceritakan, kondisi dapur korban memang diketahui sudah cukup lapuk. Sebelum kejadian pun, Hasanudin sebenarnya sudah berencana untuk memperbaikinya.

“Namun nahas, sebelum diperbaiki, kemudian muncul angin yang berhembus cukup kencang sehingga kemudian bangunan tersebut roboh,” ujar Ahmad, Minggu (06/10/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, saat kejadian, tidak ada satupun penghuni rumah yang sedang berada di dalam dapur. Sehingga kemudian, tak sampai ada korban dalam peristiwa ini.

Berita Lainnya  Fenomena Meluasnya Luweng Blimbing Dinilai Wajar di Tanah Karst

“Kerugian material jika ditaksir mencapai Rp 10 juta,” ucap dia.

Tak hanya bagian dapur, kandang ternak kambing hitam yang letaknya tak jauh dari dapur juga ikut roboh. Kemudian peralatan dapur dan perkakas lain rusak.

“Sementara sudah dilakukan pembersihan puing-puing bangunan oleh warga,” imbuhnya.

Menurutnya, beberapa hari terakhir ini memang angin yang bertiup cukup kencang. Ia mengimbau kepada masyarakat apabila terdapat bangunan rusak hendaknya segera memperbaikinya.

“Peningkatan tekanan angin yang cukup kencang memang sedang terjadi. Harap masyarakat waspada jika memiliki bangunan yang lapuk,” tandas dia.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler