fbpx
Connect with us

Pariwisata

Dari 4G Hingga Heha Sky View, Ini Daftar Obyek Wisata Yang Ditutup Akibat Pandemi Corona

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pandemi virus corona nampaknya melumpuhkan pariwisata di Gunungkidul. Saat ini, hampir seluruh obyek wisata yang ada di Gunungkidul telah ditutup. Terakhir, pada Selasa (24/03/2020) kemarin, kawasan pantai selatan yang notabene merupakan 90% kekuatan pariwisata Gunungkidul ditutup total.

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Purnomo Sumardamto memaparkan, saat ini sudah ada 18 obyek wisata non pantai yang ditutup dalam rangka upaya mencegah penyebaran Covid-19. Adapun obyek wisata tersebut yakni, Desa Wisata Nglanggeran, Desa Wisata Bleberan (Sri Getuk), Desa Wisata Bejiharjo (Goa Pindul), Watu Payung, Desa Wisata Klayar, Kampung Jelok Resto, Kali Suci, Tahura Bunder, Gunung Ireng, Umbul Beton, Ngingrong, Goa Jomblang, Kampung Emas, Green Village Gedangsari, Embung Bathara Sriten, Pasar Telaga Jonge, dan HeHa Sky View.

Berita Lainnya  Nilai Ganti Rugi Ganjil, Pembebasan Proyek Jalan Anyar Kemadang-Sepanjang Dipertanyakan Warga Terdampak

“Saat ini mulai ditutup sementara untuk wisatawan sampai dengan waktu yang tidak ditentukan,” ungkap Damto, Rabu (25/03/2020).

Penutupan ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus corona di Gunungkidul. Mengingat kawasan wisata seperti Goa Jomblang, dan bahkan beberapa desa wisata menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Ketika situasi sudah kondusif nanti mungkin akan segera dibuka lagi untuk umum,” ucap dia.

Sementara itu, Pengelola Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul atau 4 G, Subadri juga mengungkapkan hal sama. Pihaknya juga melakukan penutupan sementara untuk pencegahan penyebaran virus corona. Dirinya juga belum bisa memastikan kapan obyek wisata 4G akan kembali dibuka untuk umum.

“Sementara kita tutup untuk pencegahan penyebaran virus Corona,” sambung Subadri.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, tertanggal Selasa (24/03/2020) kawasan wisata pantai di seluruh Gunungkidul ditutup untuk kegiatan wisata. Hal ini menyusul adanya pandemi corona di berbagai belahan dunia saat ini.

Berita Lainnya  Kasus Demam Berdarah Mulai Alami Trend Kenaikan di Awal Musim Penghujan Ini

“Iya untuk sementara waktu hingga waktu yang belum ditentukan kawasan wisata pantai ditutup,” ucap Asti, Selasa sore.

“Para pelaku usaha pariwisata agar tetap mematuhi kebijakan pemerintah, berlaku bijak dalam menyikapi bencana penyebaran covid19 yang begitu cepat, tetap semangat dan terus berdoa, semoga bencana ini segera berlalu dan kegiatan pariwisata bisa berjalan kembali,” imbau Asti.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler