fbpx
Connect with us

Info Ringan

Datangkan Alat Canggih Senilai Ratusan Juta, Maduga Bordir Hasilkan Produk Yang Murah Tapi Sempurna

Diterbitkan

pada tanggal

Ponjong, (pidjar.com)–Produk fashion yang dihiasi oleh aplikasi bordir tak hanya terbatas pada pakaian muslim dan kerudung. Kini, penggunaan seni hias bordir sudah menjamah ke berbagai produk fashion lainnya seperti kaos, jaket, celana denim, topi hingga sepatu. Jadi kian mudah dan lebih presisi, saat ini membordir bisa dilakukan dengan hadirnya teknologi komputer. Bisnis jasa bordir komputer pun diprediksi bakalan berkembang pesat lantaran potensi pasar yang besar.

Hal ini tak lepas dari pantauan Suwarno, warga Padukuhan Trengguno Lor, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong. Pengusaha muda di bidang ornament batu hias dan fillet ikan Nila serta Tuna ini sengaja mendatangkan mesin bordir computer terbaru dan modern. Terobosan dilakukan meski cukup menguras kocek karena untuk menjawab kebutuhan konsumen yang saat ini masih dikuasai para pengusaha di Jogja maupun Solo. Di bawah bendera Maduga Bordir, Suwarno siap melayani pesanan konsumen skala kecil maupun partai besar, dari Gunungkidul bahkan luar kota.

“Awalnya saya melihat potensi bisnis ini di Bandung, di sana bisnis konveksi berkembang pesat. Namun seiring waktu, banyak teman pengusaha yang balik pulang kampung dan buka usaha sejenis di sini. Kendalanya, untuk bordir mereka terpaksa harus ke Solo atau paling dekat Jogja. Maka melihat celah ini, saya masuk untuk menjawab tantangan sekaligus menyediakan peluang kerja bagi anak-anak sekitar sini,” papar Suwarno.

Menurutnya seni hias bordir merupakan bagian penting dari salah satu teknik menjahit. Bordir tak hanya sekadar menempelkan benang pada permukaan kain. Teknik membordir membutuhkan keahlian tersendiri untuk merajut beragam warna benang yang dipadu membentuk motif tertentu.

Berita Lainnya  Lima Macam Jamu yang Dipercaya Dapat Menyebabkan Awet Muda

Membordir menggunakan teknologi komputer ini, lanjut Suwarno, memiliki banyak keunggulan ketimbang menggunakan mesin manual. Selain pengerjaan membordir menjadi jauh lebih cepat, tingkat presisinya atau ketepatannya pun jauh lebih baik. Otomatis produk yang dihasilkan pun jadi lebih sempurna namun dengan biaya yang jauh lebih murah ketimbang dilakukan secara manual.

“Dewasa ini, desain bordir tak hanya menjadi penghias baju muslim, kerudung, atau mukena. Teknik bordir sudah meluas ke berbagai produk fashion lain seperti topi, celana, topi, seprai, bed cover, sampai sepatu. Dan kami siap memproduksi itu semua,” tambahnya.

Apalagi di era saat ini, kaos dan jaket yang umumnya disablon pun, saat ini sudah mulai beralih ke bordir. Alasannya karena memang teknik bordir jauh lebih tahan lama ketimbang sablon yang mudah rusak jika sering dicuci dan disetrika. Hal inilah yang kemudian membuat orang memilih produk yang sudah bordir daripada sablon.

Karena itulah, potensi bisnis jasa bordir komputer sangat potensial. Suwarno bilang, hanya dengan bermodalkan satu mesin bordir, orang sudah bisa menjalankan usaha jasa bordir komputer seperti dirinya. Sayangnya harga mesin bordir tidak murah. Harga mesin bordir yang memiliki satu kepala saja mencapai puluhan juta per unit. Adapun harga mesin bordir yang memiliki hingga 12 kepala harganya tembus ratusan juta rupiah per unit. Setara harga satu unit mobil SUV keluaran terbaru.

Berita Lainnya  Deretan Artis Berkaliber Nasional Bakal Tampil Dalam Geopark Night Specta #4 di Nglanggeran

Tapi, dengan potensi pasar yang masih begitu besar, modal sebesar itu rasanya masih masuk akal. Dalam sehari, ia bisa membordir hingga ratusan bahkan ribuan produk bordir dengan kualitas seragam dan harga terjangkau.

Maduga Bordir pun siap menerima pesanan membordir berbagai produk fashion mulai dari kerudung katun paris yang saat ini tengah tren di masyarakat, kaos, seragam hingga berbagai produk lainnya. Dijamin semuanya akan dilayani dengan cepat namun hasil memuaskan.

“Tetapi semua itu tergantung dari design dan tingkat kerumitan pekerjaan. Jika sederhana bisa sangat cepat, tetapi kalau rumit tentunya lebih memakan waktu,” lanjutnya.

Tak hanya pesanan membordir yang datang, Maduga Bordir pun siap menerima jasa pembuatan desain motif dari berbagai daerah. Bahkan untuk sisi design grafis ini, Maduga Bordir menyiapkan tenaga khusus yang saat ini masih terus mengasah ketrampilan.

“Ke depan sayapun siap menjalin kerjasama dengan sekolah sekolah se-Gunungkidul, dimana untuk produk topi bordir, dasi dan lainnya kita buat seragam dengan kualitas baik. Demikian juga untuk souvenir pernikahan pun kita siap,” pungkasnya.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, bisa berhubungan ke Maduga Bordir di Jl Wonosari Bedoyo, Trengguno Lor, Sidorejo, Ponjong atau menghubungi nomor 087887439495 dan WA 081397347373.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler