fbpx
Connect with us

Politik

Debat Publik Putaran Kedua, KPU Usung Tema Tata Kelola Pemerintahan dan Penegakan Hukum

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul sebagai penyelenggara Pilkada 2020 kembali akan menyelenggarakan debat publik putaran kedua pada 3 November 2020 mendatang. Pada putaran besok hanya Calon Wakil Bupati yang akan mengikuti debat publik, tema yang akan diangkat juga telah ditetapkan oleh KPU.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, Jumat kemarin pihaknya telah melakukan koordinasi untuk menentukan tema debat. Adapun tema yang diusung nantinya berkaitan dengan Tata Kelola Pemerintahan, Penegakan Hukum dan Demokrasi.

“Kita sudah lakukan pembahasan. Jumat kemarin sudah kami sampaikan ke LO juga,” ucap Ahmadi Ruslan Hani, Sabtu (01/11/2020).

Nantinya masing-masing calon Wakil Bupati mengikuti beberapa sesi. Mulai dari menjawab pertanyaan dari tokoh yang telah disediakan oleh KPU, menyampaikan pertanyaan ke Calom Wakil lain dan memberikan sanggahan.

Pada penyelenggaraan debat pertama, menurut Ahmadi ada beberapa yang menjadi bahan evaluasi dan dilakukan perubahan pada debat putaran kedua nantinya. Salah satu evaluasinya adalah durasi pada sesi kedua dalam debat publik yang dinilai terlalu lama.

“Pada sesi kedua dalam debat itu waktunya terlalu lama. Yang awalnya 4,5 menit besok hanya 2 menit saja,” imbuhnya.

Debat sendiri tetap disiarkan di stasiun TVRI Jogjakarta mulai jam 19.30 WIB disetiap hari Selasa. Pada putaran ketiga nantinya akan diselenggarakan pada 10 November secara bebarengan Pasangan Calon akan mengikuti debat publik.

Selain persiapan debat publik, KPU juga melakukan tahapan-tahapan lain. Pihaknya juga memberikan sosialisasi ke masyarakat mengenai pemanfaatan hak suara, rekruitmen petugas di lapangan serta beberapa hal lain.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler