fbpx
Connect with us

Pemerintahan

DED Dirampungkan, Tanjakan Clongop Akan Segera Dikepras

Published

on

Gedangsari,(pidjar.com)–Jalur provinsi yang berada di kawasan Hargomulyo-Watugajah akan dilakukan perbaikan oleh Pemda DIY. Hal ini mengacu pada sejumlab kondisi, di mana jalur yang merupakan penghubung Gunungkidul dengan Kabupaten Klaten tersebut terdapat titik yang sangat ekstrim. Proses pengkajian pun telah dilakukan oleh tim sejak 2019 lalu dan pada 2020 ini, rencananya DED perbaikan jalur ini pun akan segera disusun.

Kepala Seksi Pemeliharaan, Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana menuturkan, ruas jalan Hargomulyo-Watugajah sepanjang 4,3 kilometer rencananya akan segera dilakukan perbaikan. Di ruas jalur tersebut, memang terdapat sebuah tanjakan yang sangatlah ekstrim. Tanjakan ini sendiri beken dengan sebutan Tanjakan Clongop. Dari situ, pemerintah kabupaten dan provinsi memiliki program pembangunan untuk memberikan akses jalan yang memadahi dan aman kepada masyarakat.

Berita Lainnya  Terserang Virus, Ikan-ikan Mati Massal di Ponjong dan Karangmojo

“Rencananya akan ada normalisasi jalan. Untuk ketinggian tanjakan itu akan dilakukan penurunan atau pengeprasan,” kata Wadiyana, Rabu (18/03/2020).

Adapun anggaran program ini berasal dari pemerintah provinsi. Sementara dari pemerintah kabupaten kemungkinan besar hanya dilibatkan dalam proses pembahasan dan pemantauan.

“Jalur ini cukup vital karena menjadi jalur penghubung antara Gunungkidul ke Gantiwarno Klaten,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Gunungkidul, Bambang Riyanto menambahkan, pengeprasan Tanjakan Clongop yang digagas oleh pemerintah provinsi ini bertujuan untuk semakin mengembangkan kawasan utara. Dengan akses jalan yang mudah, maka nantinya akan membangkitkan perekonomian di sekitar kawasan tersebut.

“Di kawasan utara juga mulai tersentuh pembangunan agar semuanya merata. Dengan pembangunan jalan ini kan nantinya lalu lintas lebih hidup dan berdampak pada roda perekonomian masyarakat,” ujar Bambang.

Sesuai dengan program pemerintah, Gunungkidul sekarang ini gencar dalam pembangunan infrastruktur khususnya jalan. Ada beberapa ruas jalan yang dibangun dengan inisiasi pemerintah provinsi maupun pusat. Pemkab pun juga turut andil dalam pembanguna sejumlah jalur wisata dan jalur yang menjadi ranahnya.

Berita Lainnya  Sepi Pendonor, PMI Defisit Stok Darah

Beberapa pembangunan yabg diinisiasi oleb provinsi dan pusat yakni JJLS yabg diharapkan rampung 2021 ini yang akan menjadi salah satu potensi Gunungkidul dalam menyediakan akses jalan.

Tak hanya itu, jalan Gading-Ngalang-Tawang-Gayamharjo yang pembangunannya akan segera dilanjutkan itu menjadi salah satu jalur yang sangat strategis. Di mana nantinya exit tol yang akan berada di Prambanan dan sangat dekat dengan Gunungkidul bisa langsung terakses.

“Beberapa program yang ada ini sangatlah berkaitan. Ini untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat kita,” tambah dia.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler