fbpx
Connect with us

Pemerintahan

DED Sedang Dibuat, 2 Pasar Hewan Ini Segera Dilengkapi Tempat Sterilisasi

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunungkidul tengah menyusun DED pembangunan dipping atau tempat sterilisasi hewan di dua pasar hewan. Rencananya, sebelum lebaran haji atau kurban tiba, pembangunan fasilitas ini telah selesai.

Kepala Disperindag Gunungkidul, Johan Eko mengatakan, saat ini pihaknya memang tengah memproses rencana pembuatan dipping. Proses pembuatan DED sendiri tengah dikerjakan oleh tim. Menurutnya, hal tersebut tidak membutuhkan waktu lama sehingga dapat segera dikerjakan.

“Setelah selesai DED, bisa langsung dieksekusi fisiknya,” ucap Johan, Selasa (25/02/2020).

Ia memaparkan, berkaitan dengan rencana ini, pihaknya juga telah mengajukan anggaran ke TPAD. Kendati demikian, dirinya tidak bisa menjelaskan besaran anggaran yang disiapkan untuk pembangunan dipping. Adapun 2 pasar hewan yang akan dibangun adalah Pasar Hewan Siyonoharjo dan Pasar Hewan Munggi.

“Anggaran sudah diajukan ke TAPD, target fisik tahun ini selesai sebelum lebaran haji atau kurban,” terang dia.

Adanya pembangunan tersebut diharapkan nantinya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap ternak Gunungkidul. Dengan demikian, aktifitas jual beli ternak sapi d Gunungkidul yang saat ini lesu akibat isu bakteri antraks bisa kembali bangkit.

“Alhamdulillah sudah berangsur-abgsur bergerak kenormal. Sudah ada kenaikan sebesar 5 persen. Semoga dengan adanya fasilitas semacam ini, tingkat kepercayaan bisa kembali tinggi,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, penanganan anthraks terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Upaya pemberian vaksin sendiri masih berjalan hingga saat ini.

“Untuk pasar hewan masih diproses penyempurnaan pengamanannya,” pungkas Kelik.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler