fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Manfaat Biji Mangga Bagi Tubuh

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Biji mangga juga memiliki sejumlah manfaat. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan membuang biji mangga sehabis Anda mengonsumsi buah yang termasuk ke dalam golongan super food ini. Apa saja khasiat biji mangga bagi kesehatan tubuh? Berikut informasinya.

Menyehatkan Gigi

Khasiat yang pertama dari biji buah mangga adalah untuk membuat gigi tampak sehat. Ini tak lepas dari kandungan kalsium di dalamnya. Sebagaimana kita ketahui, kalsium adalah mineral yang fungsi utamanya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Guna mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa menggosokkan biji mangga secara langsung pada gigi. Pastikan untuk mencuci biji terlebih dahulu sampai bersih. Anda juga bisa menumbuk biji mangga hingga menjadi bubuk. Kemudian, tambahkan air secukupnya pada bubuk tersebut hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada gigi secara merata.

Mengatasi Ketombe

Manfaat selanjutnya dari biji buah yang dagingnya berwarna oranye ini adalah mengatasi masalah rambut bernama ketombe. Ya, Anda yang akhir-akhir ini rambutnya mengalami ketombe bisa menjadikan biji mangga sebagai perawatan penunjang guna menghilangkan ketombe.

Menurunkan Berat Badan

Berita Lainnya  Lima Makanan yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Ekstrak biji mangga diklaim cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Nah, Anda yang kini sedang menjalani program penurunan berat badan mungkin sebaiknya jangan membuang biji mangga saat hendak mengonsumsi buah tersebut. Guna mendapatkan manfaatnya yang satu ini, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman jus. Masukkan daging buah mangga bersama bijinya ke dalam blender dan haluskan sampai benar-benar halus.

Merawat Kesehatan Tulang

Kandungan mineral kalsium dan vitamin K pada biji mangga lantas menjadikannya sebagai sumber nutrisi bagi tubuh, khususnya merawat kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi jus mangga yang dicampur dengan bijinya secara rutin, hal ini akan membantu Anda untuk memiliki tulang yang sehat dan kuat. Selain itu, biji mangga juga dapat meminimalisir risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan tulang yakni seperti osteoporosis.

Merawat Kesehatan Rambut

Biji buah mangga diperkaya dengan kandungan asam lemak esensial, mineral, dan vitamin. Hal ini lantas menghasilkan manfaat biji mangga lainnya yang tak kalah penting yakni merawat kesehatan rambut, termasuk mencegah rambut dari berbagai masalah seperti kerontokan.

Menurunkan Kolesterol

Kandungan vitamin C pada biji mangga lantas membuatnya juga berpotensi dapat membantu menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’.  Menurut penelitian, mereka yang asupan vitamin C hariannya terjaga dengan baik memiliki kadar kolesterol ‘jahat’ yang cenderung normal ketimbang mereka yang tidak. Kendati belum dapat dipastikan seberapa efektif vitamin C pada biji mangga dalam membantu menurunkan kolesterol, namun tak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsinya secara rutin.

Berita Lainnya  Lima Fakta tentang Candi Prambanan

Mencegah Penyakit Jantung

Biji mangga memiliki kemungkinan dapat membantu menurunkan kadar lemak LDL di dalam tubuh, maka secara otomatis biji buah ini juga memiliki potensi untuk mencegah Anda dari penyakit jantung. Sebagaimana kita ketahui, salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol. Selain itu, alasan mengapa biji mangga dapat mencegah penyakit jantung adalah karena vitamin C yang dimilikinya juga berperan dalam menjaga tekanan darah agar tetap berada di angka normal.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi pada biji mangga seperti vitamin C dan vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Keduanya merupakan zat antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler