fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Negara Dengan Bahasa Terbanyak Di Dunia

Diterbitkan

pada

Jogja,(pidjar.com)–Keragaman bahasa ini terjadi akibat kondisi geografis suatu negara. Kehidupan para penduduk yang terpisah karena kondisi geografis berpengaruh pada alat komunikasi ini, sehingga bahasa komunikasi tidak sama satu sama lain. Contohnya adalah negara Indonesia yang memiliki ribuan pulau. Melansir dari ethnologue.com sebuah situs yang melakukan riset linguistik dan telaah bahasa menemukan 7 negara dengan jumlah bahasa terbanyak di dunia.

Papua Nugini Yang Memiliki Bahasa Komunikasi Mencapai 839

Papua Nugini memiliki luas daerah yang mencapai 462.840 km2 di mana setiap suku memiliki bahasa komunikasi masing-masing. Total ada 839 bahasa yang diakui oleh dunia. Meskipun terdapat bahasa daerah yang hampir mencapai seribu, namun Papua Nugini hanya menggunakan 3 bahasa resmi, yaitu bahasa Hiri Motu, Tok Pisin, dan Bahasa Inggris.

Indonesia Dengan Jumlah Bahasa Komunikasi Sebanyak 707

Semua orang juga sudah tahu jika Indonesia memiliki keragaman suku, bahasa, dan agama. Ternyata Indonesia memiliki 707 bahasa yang diakui oleh dunia. Jumlah bahasa komunikasi ini membuat Indonesia naik menempati urutan ke-2 sebagai negara dengan bahasa komunikasi terbanyak. Sebenarnya, Indonesia memiliki 719 bahasa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, namun karena 12 bahasa sudah tidak digunakan maka total ada 707 bahasa yang tersisa.

Berita Lainnya  Enam Makanan Penyubur Kandungan

Nigeria Dengan Jumlah Bahasa Komunikasi Sebanyak 526

Nigeria memiliki negara bagian sebanyak 36 negara dan satu Teritorial Ibu Kota Federal, yang telah dibagi menjadi 774 Wilayah Pemerintah Daerah . Di setiap negara bagian, para penduduknya memiliki berbagai bahasa daerah. Ada total 526 bahasa daerah yang masih digunakan untuk berkomunikasi di Nigeria. Hal ini bukan menjadi hal yang aneh karena pembagian daerahnya juga lumayan banyak.

India Dengan Jumlah Bahasa Komunikasi Sebanyak 454

Menurut Sensus India di tahun 2001, ternyata negara ini memiliki 122 bahasa utama dan 1599 bahasa lain. Namun, jumlah ini ternyata memiliki hasil yang berbeda-beda dari berbagai sumber. Hal ini karena perbedaan definisi dalam istilah ‘bahasa’ dan ‘dialek’. Melansir dari ethnologue.com, ada 454 bahasa yang diakui oleh dunia. Dengan jumlah ini, menempatkan India ke posisi ke-4 sebagai negara dengan bahasa komunikasi terbanyak di dunia.

Amerika Serikat Dengan Jumlah Bahasa Komunikasi Sebanyak 422

Berita Lainnya  Tujuh Kuliner Ekstrim Dari Indonesia

Semua orang pasti tahu bahwa Amerika Serikat memiliki daerah yang cukup luas dengan negara-negara bagiannya dengan keragaman suku, agama, dan bahasa. Ditambah lagi dengan para pendatang dari berbagai negara di dunia yang saat ini tinggal di Amerika Serikat menambah keragaman bahasa yang digunakan di sini. Akibatnya, saat ini total ada sekitar 422 bahasa komunikasi yang digunakan oleh penduduk di Amerika Serikat.

Cina Dengan Jumlah Bahasa Komunikasi Sebanyak 300 Bahasa

Cina ternyata bukan hanya terkenal dengan jumlah penduduk yang membludak, namun juga jumlah bahasa yang beragam di setiap daerahnya. Ada sekitar 300 bahasa yang masih digunakan para penduduk di Cina untuk berkomunikasi. Keragaman ini terjadi karena pengaruh dari negara di sekitar Cina, baik bahasa Korea, Jepang, Vietnam, Thailand, atau masih banyak lagi yang lainnya.

Berita Lainnya  Sate Pak Turut, Kuliner Legenda Wonosari yang Wajib Diturut

Meksiko Dengan Jumlah Bahasa Komunikasi Sebanyak 289

Meksiko terdiri dari 31 negeri atau estados dan Daerah Persekutuan Meksiko atau Distrito Federal. Pembagian negara dan juga sejarah panjang yang terjadi di Meksiko membuat penduduk Meksiko memiliki keragaman bahasa komunikasi di setiap daerah. Meskipun Meksiko memiliki bahasa Spanyol sebagaibahasa de facto pada tingkat pemerintah federal. Ada 68 bahasa pribumi yang juga diakui sebagai bahasa nasional Meksiko.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler