fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Manfaat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Wedang Uwuh tidaklah sampah seutuhnya. Tetapi karena pencampuran bahan-bahan inilah yang membuat minuman ini terlihat seperti sampah yang terkumpul dalam air. Bahan yang digunakan untuk membuatnya antara lain kayu secang, kayu manis, jahe, cengkeh, pala/daun, pala, akar sereh dan kapulaga. Dilihat dari bahan pembuatannya yang sangat alami, tentu bisa Anda bayangkan manfaat dari minuman ini. Dilansir dari kasiat.co.id setidaknya ada delapan manfaat yang dapat diperoleh jika Anda mengonsumsi wedang uwuh. Simak ya.

1.Menurunkan Kolesterol

Pertama, wedang uwuh dapat menurunkan kolesterol. Bahan yang terkandung dalam wedang uwuh yang dapat menurunkan kolesterol adalah jahe. Jahe, sangat berguna sebagai pemancar peredaran darah dalam tubuh. Sifat keungggulan yang dimiliki jahe mampu mencegah terjadinya pembekuan darah dan lebih baik jika dibandingkan dengan bawang merah atau bawang putih.

Manfaat jahe sebagai bahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan di Jepang yang membuktikan bahwa penyerapan kolesterol dalam hati dan darah bisa dicegah dengan zat alami yang dikandung jahe. Selain itu, jahe juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi laju peredaran darah sehingga tidak terlalu menekan pembuluh arteri.

Berita Lainnya  Terrarium, Seni Taman Mini dalam Kaca

2. Mengobati Masalah Perut

Kandungan lain yang terdapat dalam wedang uwuh selain jahe adalah  kayu manis. Kayu manis inilah yang akan membuat rasa dari minuman herbal ini menjadi lebih nikmat. Kayu manis, mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat menangkal parahnya radikal bebas. Tidak hanya itu, kandungan ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda dan mengatasi masalah perut.

3.Menghilangkan Capek

Wedang uwuh juga mampu menghilangkan capek yang disebabkan karena aktivitas sehari-hari.

4.Kaya Akan Antioksidan

Bahan laindari wedang uwuh yang juga berkhasiat sangat baik adalah kayu secang. Kayu secang inilah yang memiliki manfaat diantaranya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti batuk darah, sifilis, dan peradangan. Kayu secang juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, menjadi antioksidan, antikanker, melegakan pernafasan dan melancarkan peredaran darah.

Berita Lainnya  Lima  Tips Mengatasi Alergi Saat Cuaca Hujan

5.Menghilangkan Nyeri

Bahan selanjutnya adalah pala. Bahan ini memiliki kandungan berupa saponin, flavonoid, dan polifenol yang sangat bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, melancarkan sistem pencernaan, menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas, mengatasi penyakit lambung, serta melancarkan sirkulasi darah.

6.Menyegarkan Badan

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi wedang uwuh adalah badan akan terasa lebih segar. Selain itu, wedang uwuh juga dapat membuat tubuh lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

7.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kemudian, manfaat lain dari wedang uwuh adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah.

8.Melancarkan Sirkulasi Darah

Akan sangat berbahaya jika aliran darah Anda tidak lancar. Dampaknya adalah berbagai gangguan kesehatan lain. Minuman ini sudah begitu dikenal dengan sebutan sebagai obat alami untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler