fbpx
Connect with us

Sosial

Deteksi Dini Jelang Bulan Ramadhan, Lapas Wonosari Geledah Kamar Para Napi

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Menjelang Bulan Ramadhan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Wonosari melakukan operasi penggeledahan kamar yang dihuni oleh para warga binaan. Hal inindilakukan untuk mengantisipasi adanya barang-barang terlarang yang masuk ke rumah tahanan dan digunakan oleh para narapidana maupun tahanan.

Siang kemarin, sejumlah petugas berseragam baik dari Lapas, Polres Gunungkidul, Rubasan dan petugas dari instansi lainnya melakukan penggeledahan di kamar para warga binaan. Satu persatu kamar dicek oleh petugas, termasuk dengan titik-titik yang sekiranya berpotensi untuk menyimpan barang.

Dari penggeledahan yang dilakukan ini didapatkan beberapa barang yang tidak diperkenankan berada di dalam kamar. Mulai dari 8 batu baterai, 3 koin, 3 buah paku, 3 potongan besi, bolpoint, sikat gigi bekas, 5 potongan kabel, potongan tali, kepala korek gas, dan amplas. Barang-barang ini tidak diperkenankan masuk ke dalam kamar sebab dapat membahayakan para warga binaan.

Berita Lainnya  Delapan Kapanewon di Gunungkidul Tak Ada Kasus Aktif, Purwosari Catatkan Kematian Terendah Selama Pandemi

“Timmenemukan potongan kayu, baterai, dan korek api gas yang sesuai dengan aturan tidak diperkenankan masuk ke kamar. Untuk handphone dan narkoba kami tidak menemukannya di dalam kamar hunian,” terang Kasi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas IIB Wonosari, Agung Setyawan.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas IIB Wonosari, Marjiyanto mengungkapkan kegiatan penggeledahan ini dalam rangka bersih-bersih penggeledahan kamar hunian warga binaan. Sekiranya ada barang yang menyalahi aturan masuk tentunya ada sanksi tersendiri yang diberikan oleh petugas, termasuk bila dalam kategori berat dan ada unsur pidana maka dapat diproses secara hukum yang berlaku.

“Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan kami upayakan semua bersih dan aman terkendali,” ujar Kepala Lapas Kelas IIB Wonosari, Marjiyanto.

Berita Lainnya  Momentum Natal, Sejumlah Organisasi Gelar Kegiatan untuk Rekatkan Tali Persaudaraan

“Barang temuan yang didapatkan dalam operasi penggeledahan selanjutnya diinventarisir dan didata oleh petugas, untuk selanjutnya dimusnahkan,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler